Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan I-2014 Membaik

Tuesday 4 Feb 2014, 6 : 52 pm
by

JAKARTA-Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) mengindikasikan masih melambatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan IV-2013. Hal ini tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) komponen kegiatan usaha yang menurun dari 13,35% pada triwulan III-2013 menjadi 12,61%. Pertumbuhan ekonomi yang melambat terindikasi di beberapa sektor ekonomi, seperti sektor pertambangan dan penggalian, yang berdasarkan SBT tumbuh negatif 2,70% (qtq). Sejalan dengan perlambatan kegiatan ekonomi, rata-rata kapasitas produksi terpakai juga tercatat menurun dari 73,18% di triwulan sebelumnya menjadi 73,10%.

Namun, pada triwulan I-2014, hasil survei mengindikasikan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan kembali membaik. Indikasi ini tercermin pada SBT komponen kegiatan usaha yang lebih tinggi yakni sebesar 18,04%, didukung perkiraan meningkatnya penggunaan tenaga kerja. Indikasi perbaikan ekonomi juga sejalan dengan hasil survei yang menunjukkan keyakinan sebagian besar responden terhadap situasi bisnis pada 6 bulan mendatang yang tetap baik. Sementara itu, tekanan harga jual pada triwulan I-2014 diperkirakan meningkat didorong peningkatan harga bahan baku dan biaya operasional akibat dampak pelemahan nilai tukar. 

Baca juga :  Penyelesaian Ruas Tol Lampung-Palembang Molor
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Digitalisasi Politik Jadi Tantangan Pemilu 2019

JAKARTA-Tim Kampanye Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Ferry Mursyidan Baldan (FMB) mengibaratkan

Gandeng PHRI, Pemkab Tangerang Optimis Sektor Pariwisata Kuliner Bangkit Paska Pandemi

TANGERANG-Pandemi Covid-19 yang sudah melandai diyakini bisa membangkitkan sektor industri