Pertumbuhan Ekonomi Triwulan IV 2014 Meningkat​

Friday 6 Feb 2015, 4 : 18 pm
by
ILustrasi

JAKARTA-Pertumbuhan ekonomi triwulan IV 2014 tercatat 5,01% (yoy), meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya sebesar 4,92% (yoy). Dengan perkembangan ini, pertumbuhan ekonomi pada 2014 tercatat 5,02%, relatif sejalan dengan perkiraan Bank Indonesia (BI).

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara menjelaskan peningkatan pertumbuhan ekonomi di triwulan IV 2014 tersebut masih sejalan dengan langkah pengelolaan stabilitas makroekonomi yang dilakukan oleh BI dan Pemerintah selama ini, terutama untuk mengendalikan inflasi dan defisit transaksi berjalan.

“BI juga menyambut baik perhitungan PDB yang menggunakan tahun dasar 2010 dan beberapa pembaharuan terkait metodologi dan cakupan komponen, sehingga lebih mencerminkan keadaan ekonomi Indonesia,” urainya.

Menurutnya, meningkatnya pertumbuhan ekonomi pada triwulan IV 2014 didorong oleh meningkatnya permintaan domestik, terutama investasi bangunan dan konsumsi Pemerintah. Sementara itu, konsumsi rumah tangga masih tetap kuat meskipun sedikit melambat sejalan dengan kebijakan stabilisasi ekonomi.

Di sisi eksternal, terdapat kontraksi cukup dalam pada kinerja ekspor sebesar 4,53% (yoy). Hal ini diakibatkan oleh melemahnya permintaan negara emerging dan menurunnya harga komoditas. Selain itu, kontraksi ekspor juga dipengaruhi oleh dampak perhitungan dasar (base effect) dari tingginya ekspor pertambangan pada triwulan IV 2013 menjelang penerapan UU Minerba pada awal 2014.

Sejalan dengan perkembangan permintaan domestik yang meningkat, impor pada triwulan IV 2014 juga mengalami peningkatan.

“BI akan terus memonitor berbagai perkembangan, baik domestik maupun eksternal, dan memastikan agar perekonomian nasional ke depan berjalan sehat dengan berkelanjutan,” pungkasnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BSB Genjot Gadai Emas Hingga Rp4 M

JAKARTA-Bank Syariah Bukopin (BSB) lebih memfokuskan bisnis gadai emas ini
Cawapres Prof Dr Mahfud MD bersilaturahmi dengan Pengasuh Ponpes, KH Mustofa Bisri/Foto: Dok Tim Mahfud MD

Hadiri Haul di Tebuireng, Mahfud MD Kenang Wasiat Gus Dur Soal Amanat Penegakkan Hukum

JOMBANG-Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD menghadiri acara Haul Ke