Perusahaan Jepang Komit Investasi Rp42 Triliun

Monday 16 Dec 2013, 5 : 49 pm
mahendra siregar
Wamenkeu, Mahendra Siregar

JAKARTA-Negeri Sakura menjanjikan sekitar 15 perusahaannya untuk berinvestasi di Indonesia sekitar US$3,5 miliar atau senilai Rp42 triliun.  “Komitmen investasi dari pengusaha Jepang tersebut ada pada bidang yang benar-benar baru dimasuki, ada juga yang masuk kategori perluasan investasi,” kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Mahendra Siregar,  di Jakarta, Senin, (16/12).

Adapun tatus investasi ke-15 perusahaan yang menanamkan modal tersebut, sambung Mahendra,  ada yang sudah mendapat persetujuan BKPM, ada juga yang sedang dalam proses finalisasi persetujuan. “Ini investasi yang sudah konkrit, bukan lagi rencana tapi siap implementasi,” ujarnya

Dari 15 perusahaan itu, lanjutnya, ternyata 6 perusahaan di antaranya investasi terkait otomotif.  Bukan hanya produsen otomotif tapi juga pada sektor komponen, seperti produsen baja untuk keperluan rantai pasok otomotif. Selanjutnya 3 perusahaan investasi di migas dan pertambangan umum dengan nilai total sekitar 600 juta dolar AS -700 juta dolar AS.

Baca juga :  Regulasi Terlalu Banyak, Industri Makan Minum Mengeluh

Selebihnya, perusahaan asal negeri Sakura tersebut investasi pada jasa logistik, jasa keuangan, dan food processing.  “Secara keseluruhan, perusahaan yang akan memperluas investasi tersebut merupakan perusahaan eksisting, atau yang sudah ada di Indonesia,” terangnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Wintor Produk Astra Otoparts Masuk Malaysia

CIKARANG-PT Astra Otoparts Tbk resmikan melakukan ekspor perdana unit Wintor

Guntur Romli Perjuangkan KH Saleh Lateng Sebagai Pahlawan Nasional

BANYUWANGI-Kader Muda Nahdlatul Ulama, Mohamad Guntur Romli akan memperjuangkan Kiai