Petrosea Teken Perjanjian Kontrak Penambangan Senilai US$1,08 Miliar

Monday 8 Jul 2024, 8 : 40 am
by
Ilustrasi

JAKARTA – Manajemen PT Petrosea Tbk (PTRO) mengumumkan, pihaknya telah melakukan penandatanganan perubahan dan pernyataan kembali term sheet perjanjian jasa penambangan dengan PT Pasir Bara Prima, yang merupakan salah satu anak usaha PT Singaraja Putra Tbk (SINI) pada 3 Juli 2024.

Pembaruan atas perjanjian penambangan PTRO yakni untuk jasa pengupasan lapisan penutup dan penggalian batubara di area tambang yang berlokasi di Kecamatan Kapuas Tengah, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah.

Iman Darus Hikhman, Direktur Mining and Mine Services Director PTRO dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (08/7/2024) mengatakan,  perjanjian ini merupakan salah satu wujud ekspansi bisnis Perseroanke daerah Kalimantan Tengah.

Berdasarkan pembaruan term sheet tersebut, papar Iman, durasi pekerjaan penambangan diperpanjang menjadi life of mine dengan estimasi nilai sebesar US$ 1,08 miliar, sedangkan estimasi produksi lapisan penutup ditambah menjadi sebesar 415,4 juta meter kubik dan produksi batubara menjadi 52 juta ton.

Baca juga :  Modus Korupsi Proyek Jalan Mulai Dari Proses Perencanaan

“Petrosea akan terus memperkuat kapabilitasnya dalam menyediakan jasa pertambangan terintegrasi dan inovatif dengan mengedepankan pencapaian operational excellence yang didukung oleh pemanfaatan solusi teknologi digital terkini,” tulis Iman dalam keterangan tertulis yang disampaikan ke BEI.

PTRO menawarkan berbagai layanan proyek pit-to-port, termasuk aktivitas open pit contract mining services, civil & infrastructure construction, layanan manajemen proyek pertambangan, technical & feasibility study consulting services, mine planning & optimization services, serta solusi Minerva Digital Platform memanfaatkan teknologi digital guna meningkatkan efisiensi dan produktivitas, dan dapat diaplikasikan di pertambangan mineral dan batubara.

Sebagai informasi, hingga triwulan I 2024, PTRO membukukan membukukan pendapatan sebesar US$156,25 juta, tumbuh 21,8% dari US$128,2 juta pada triwulan I 2023. Sayang, kenaikan pendapatan disertai dengan peningkatan pokok pendapatan, beban usaha serta beban pajak. Akibatnya, laba PTRO anjlok 94,4% jadi US$163 ribu pada triwulan I 2024 dibandingkan US$4,588 juta pada triwulan I 2023.

Baca juga :  Industri e-Commerce Indonesia Maju Pesat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

IHSG Anjlok 2,06% di Bawah 7.000 pada Mei 2024  

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI)

Cisadane Sawit Raya Raih Fasilitas Kredit Rp390 Miliar

JAKARTA-Manajemen PT Cisadane Sawit Raya Tbk (CSRA) mengumumkan, pihaknya berhasil