PGN Resmikan Proyek Jaringan Gas Rumah Tangga di Batam

Wednesday 12 Feb 2014, 2 : 26 pm
by

BATAM-PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) SBU Distribusi Wilayah III meresmikan penyaluran gas bumi untuk rumah tangga di Kota Batam, Kepulauan Riau. Peresmian dilaksanakan di Perumahan Kurnia Djaya Alam, Batam pada Rabu (12/2).

Hadir dalam peresmian itu antara lain Direktur Pengusahaan PGN, Jobi Triananda Hasjim, General Manager SBU III Mugiono, Pemerintah Kota Batam, DPRD Kota Batam, dan warga.  Acara peresmian itu ditandai dengan pembukaan keran aliran gas  dan pemantikan api di kompor milik salah satu warga yang sudah siap menikmati aliran gas bumi di Perumahan Kurnia Djaya Alam.

Jobi Triananda menjelaskan bahwa selesainya proyek pembangunanan jaringan distribusi gas sepanjang 8,55 kilometer ini akan menambah jaringan distribusi gas yang sudah ada di Batam selama ini.  “Kami bersyukur pembangunan pipa distribusi untuk rumah tangga di Batam terus bertambah. Dengan tingginya respon dari masyarakat, PGN akan terus berusaha mengembangkan jaringan ke perumahan lainnya agar lebih banyak masyarakat yang menikmati energi baik PGN,” jelas Jobi Triananda di Batam, Rabu, (12/2).

Dari target penyelesaian proyek pada Februari 2014, proyek yang telah dimulai pada September tahun lalu ini, telah selesai pada Januari lalu.

Menurut Jobi Triananda, pembangunan jaringan distribusi gas rumah tangga ini merupakan bagian dari upaya PGN untuk mendukung program transformasi energi dari Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Gas Bumi. “Di Batam beberapa perumahan seperti Perumahan Bida Asri dan Puri Legenda sudah lama menggunakan jaringan gas PGN. Ke depan, PGN siap untuk bersama-sama dengan masyarakat dan swasta lainnya mengembangkan jaringan dan meningkatkan pemanfaatan gas bumi,” ujarnya.

Sebagai BUMN yang telah lebih dari 48 tahun berhasil membangun dan mengembangkan infrastruktur pipa gas di seluruh Indonesia, PGN memiliki komitmen untuk mempercepat dan meningkatkan penggunaan gas bumi untuk berbagai segmen, baik industri, rumah tangga, transportasi maupun sektor komersial lainnya seperti warung bakso dan lainnya.

Untuk meningkatkan penggunaan gas bumi di masyarakat, PGN akan melakukan pembangunan jaringan baru secara masif melalui Gerakan PGN Sayang Ibu. Dalam program ini PGN akan membangun jaringan gas baru untuk 1 juta pelanggan dan tahun ini menjadi awal dari program itu.

Pada 2014 ini, PGN menganggarkan dana US$ 200 juta atau sekitar Rp 2,4 triliun untuk pembangunan jaringan gas baru di berbagai wilayah Indonesia. Melalui pembangunan jaringan baru ini diharapkan akan lebih banyak rumah tangga yang menikmati gas bumi yang lebih ramah lingkungan, efisien dan aman.

Selain untuk rumah tangga, industri dan komersial, PGN juga membangun infrastruktur gas untuk transportasi. Tahun ini, PGN akan membangun 16 SPBG dan MRU di Jakarta, Surabaya dan Sukabumi.   “PGN akan terus menjalankan fungsi dan tugasnya dalam membangun dan mengembangkan infrastruktur gas bumi di Indonesia. Melalui sinergi di antara stakeholder, baik regulator, pelaku usaha maupun masyarakat, kami optimis transformasi energi ke gas bumi akan dapat terwujud,” jelas Jobi Triananda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

KSP: Pemulihan Ekonomi Indonesia Bergerak Positif

JAKARTA-Meski masih terdampak pandemi Covid-19, ekonomi Indonesia terus berangsur pulih.

Basuki : Mahasiswa Harus Profesional Agar Punya Daya Saing

YOGYAKARTA-Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memberikan