Pidato Politik Megawati Soekarnoputri pada Pembukaan HUT 47 Tahun PDIP

Sunday 12 Jan 2020, 11 : 24 pm
by
Ketua Umum PDIP Perjuangan, Megawati Soekarnoputri tengah berbincang dengan Presiden Joko Widodo

Bebas aktif, bukan berarti mengambil sikap netral atau jadi penonton terhadap peristiwa-peristiwa yang terjadi di dunia ini. Bebas, bukan berarti tidak punya pendirian, bukan berarti pula “cuci tangan”, bukan berarti defensif atau apologetis. Kita aktif, kita berprinsip, kita berpendirian. Prinsip kita, kita tegaskan pada dunia adalah Pancasila. Pendirian kita adalah aktif menuju perdamaian dan kesejahteraan dunia. Aktif pada persahabatan segala bangsa, aktif dalam memperjuangkan lenyapnya penindasan kepada bangsa mana pun. Pendirian bebas aktif tersebut secara aktif pula harus dicerminkan dalam hubungan ekonomi dengan luar negeri, yang lagi-lagi dimulai dari riset nasional kita.

Saudara-saudara,

Prinsip politik luar negeri bebas aktif ini saya yakini dipegang teguh oleh Presiden Jokowi. Hal ini dibuktikan dengan sikap tegas Presiden Jokowi dalam menangani konflik di perairan Natuna. Saya mendukung penuh sikap politik Presiden Jokowi, yang menyatakan bahwa persoalan kedaulatan bukan hal yang dapat dinegosiasikan. Prinsip yang sama, saya yakin juga menjadi pertimbangan utama Presiden Jokowi dalam membentuk badan riset dan inovasi nasional.

Saudara-saudara,

Kita seringkali abai, menganggap bahwa urusan riset tidak ada kaitannya dengan kedaulatan. Padahal di era globalisasi, pertarungan menjaga kedaulatan bangsa dan negara, tidak dapat hanya dimaknai sebagai pertarungan menjaga kedaulatan teritorial. Dominasi pihak luar terhadap suatu bangsa dapat dimulai dari riset pembangunan yang dikendalikan oleh bangsa lain. Bagaimana suatu bangsa dapat berdaulat, jika kebijakan pembangunan di segala bidang kehidupan mengikuti hasil riset yang tidak dilakukan oleh bangsa itu sendiri.

Saya selalu menggelorakan perdamaian dan persahabatan antar bangsa sebagai perjuangan universal. Saya percaya, tidak ada satu bangsa pun di muka bumi ini, yang menyatakan diri sebagai bangsa merdeka, mau didikte oleh bangsa lain. Kerjasama dalam semangat keadilan dan kesejahteraan dunia, seribu persen saya sepakat! Tetapi, kerjasama yang bermotif dominasi terhadap bangsa lain, seribu persen saya tentang. Saya percaya, dalam hal ini Presiden Jokowi, beserta jajaran kabinetnya, ada dalam spirit perjuangan yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Teten Optimis Belanja Produk Lokal Pemerintah Capai Rp500 Triliun

JAKARTA-Belanja produk lokal yang dihasilkan para pelaku UMKM dan koperasi
BI

BI Dukung Akses Pasar Ekspor Kopi Indonesia

SINGAPURA – Bank Indonesia (BI) mendukung akses pasar komoditi ekspor, khususnya