Pidato Politik Megawati Soekarnoputri pada Pembukaan HUT 47 Tahun PDIP

Sunday 12 Jan 2020, 11 : 24 pm
by
Ketua Umum PDIP Perjuangan, Megawati Soekarnoputri tengah berbincang dengan Presiden Joko Widodo

Saudara-saudara,

Hal-hal yang saya sampaikan di atas, bukan gagasan dari luar, tetapi merupakan sari pati dari nilai-nilai Pancasila. Karena telah termuat dalam produk politik hukum bernama undang-undang, artinya sahih dan sah secara hukum positif yang berlaku di tanah air. Setiap orang wajib menjalankan hukum, tanpa terkecuali. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2019 telah mematrikan bahwa riset adalah awal dari pembangunan itu sendiri. Artinya, riset pembangunan suatu negara adalah kunci kedaulatan, termasuk dalam pembangunan bidang pertahanan dan keamanan. Riset yang berdaulat, merupakan hal fundamental dalam menjalankan roda pembangunan menuju negara industri maju, negara yang mampu berdiri di atas kaki sendiri. Riset adalah langkah awal bagi suatu bangsa, untuk menjadi bangsa yang tidak hanya merdeka, tetapi juga berdaulat.

Kader-kader PDI Perjuangan,

Dalam Rapat Kerja Nasional Pertama yang akan segera kita lakukan, rumuskanlah langkah dan strategi politik Partai. Rumuskan strategi tata kelola partai agar PDI Perjuangan sungguh-sungguh menjadi partai pelopor, yang mampu wujudkan pokok-pokok perjuangan yang saya sampaikan di atas. Berjuanglah untuk menjadikan PDI perjuangan sebagai partai pelopor, partai yang solid dengan LIMA DISIPLIN: yaitu satu, disiplin ideologi; dua, disiplin teori dan pemikiran; tiga, disiplin organisasi; empat, disiplin tindakan; dan lima, disiplin gerakan!

Anak-anakku, kemenangan elektoral harus dipastikan buah dari kerja politik konkret bagi rakyat, bangsa dan negara. Jangan berpolitik dengan cara-cara pragmatis. Jangan menjadi politisi populis yang hanya sibuk mengobok-obok emosi rakyat, tapi di sisi lain tak ada keputusan politik nyata bagi rakyat. Saatnya kita bekerja sungguh-sungguh untuk rakyat, bangsa dan negara. Sekali lagi, stop berwacana politik! Rumuskan poltik legislasi, politik anggaran, politik pengawasan yang menjadi prioritas perjuangan kita. Rumuskan pembangunan Lima Prioritas Industri Nasional untuk Mewujudkan Indonesia Berdikari yang PDI Perjuangan akan rekomendasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Manulife

2021, Tahun Pemulihan Ekonomi

Dibandingkan dengan kawasan lain, pasar obligasi Indonesia menawarkan imbal hasil

Presiden Resmikan KA Bandara Minangkabau

JAKARTA-Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan