PII Indonesia Triwulan II- 2016 Naik USD12,8 Miliar

Friday 30 Sep 2016, 5 : 38 pm
by
ILustrasi Bank Indonesia

JAKARTA – Posisi Investasi Internasional (PII) Indonesia mencatat net kewajiban sebesar USD405,1 miliar atau sebesar 46,1% dari Produk Domestik Bruto (PDB) pada akhir triwulan II 2016, meningkat USD12,8 miliar (3,3% qtq) dibandingkan dengan posisi net kewajiban pada akhir triwulan I 2016 yang sebesar USD392,3 miliar (45,3% PDB).

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Tirta Segara mengatakan peningkatan net kewajiban PII Indonesia tersebut dipengaruhi oleh kenaikan Kewajiban Finansial Luar Negeri (KFLN) yang lebih besar dibandingkan dengan kenaikan Aset Finansial Luar Negeri (AFLN).

Perkembangan tersebut sejalan dengan transaksi modal dan finansial pada Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) yang mengalami surplus pada triwulan II 2016 seiring dengan persepsi positif investor terhadap perekonomian domestik dan meredanya ketidakpastian di pasar keuangan global.

Baca juga :  Optimalkan Bisnis Pembiayaan Konsumer, BNI Syariah Tingkatkan Kerjasama Dengan Institusi

Posisi AFLN Indonesia pada akhir triwulan II 2016 naik USD5,0 miliar (2,3% qtq) menjadi USD219,3 miliar.

“Kenaikan tersebut terutama dipengaruhi oleh peningkatan posisi investasi lainnya dan didukung pula oleh meningkatnya posisi cadangan devisa,” ujarnya di Jakarta, Jumat (30/9).

Dia mengaku, kenaikan posisi AFLN sedikit tertahan oleh penurunan posisi investasi portofolio serta revaluasi nilai aset sejalan dengan penguatan dolar AS terhadap beberapa mata uang utama dunia lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

PUPR: Tano Ponggol Berkonsep Waterfront City Telan Rp105 Miliar

SAMOSIR-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional

RUU Minerba: IUP/IUPK Diusulkan Miliki Dana Cadangan untuk Penemuan Deposit

JAKARTA-Pemerintah mengusulkan agar perusahaan tambang pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP)