Pilkada Bukan Panggung Politik Pemilik Modal

Wednesday 1 Jun 2016, 10 : 48 am
Ilustrasi Populi Center

JAKARTA– Wakil Ketua Komisi II DPR RI dari Fraksi PKS, Almuzzammil Yusuf mengaku pelaksanaan Pilkada perlu perbaikan serius.

Alasannya perkembangan Pilkada di daerah makin memperkuat fenomena politik uang.

“Kemenangan pasangan calon saat ini cenderung dipersepsi publik dikarenakan faktor kekuatan uang ketimbang kualitas calon, visi, misi, dan program kerjanya,” katanya dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (1/6/2016).

Oleh karena itu, kata Muzzammil, Fraksi PKS mengajak seluruh komponen bangsa untuk sama-sama mencari solusi pemilihan kepala daerah yang lebih memungkinkan lahirnya negarawan-negarawan di daerah dan pusat.

Sehingga pilkada bukan semata menjadi panggung bagi para hartawan untuk menguasai panggung politik daerah.

“Makanya persentase syarat mengajukan pasangan calon melalui partai politik dan/atau gabungan partai politik perlu diturunkan, dari sebelumnya 20% perolehan kursi atau 25% perolehan suara sah menjadi 15% dari perolehan kursi atau 20% perolehan suara sah,” jelas alumni Ilmu Politik UI ini.

Baca juga :  Tingkatkan Literasi Keuangan, OJK Gandeng Pelaku UMKM

Hal ini, menurut Muzzammil, sangat penting untuk membuka ruang yang lebih luas bagi munculnya calon-calon kepala daerah yang berkualitas dan mengurangi potensi terjadinya calon tunggal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Satpol PP Bubarkan Pasar Malam Tahunan di Pamulang Tangsel

TANGSEL-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang Selatan (Tangsel),

Jika Tak Dihukum Mati, Ayah Enno Minta Terdakwa RAL Dibebaskan

TANGERANG-Arif Fikri (53 tahun), ayah mendiang Enno Farihah (19 tahun),