Pilpres Diharap Bisa Hemat Anggaran Rp 3,2 Triliun

Friday 6 Jun 2014, 1 : 59 pm

JAKARTA-Pemilu Presiden 2014 diharapkan memang hanya satu putaran saja. Maka dengan begitu dana APBN untuk pesta demokrasi ini tak terlalu boros. “Penghematan sekitar Rp 3,2 triliun berpotensi diperoleh dari tidak adanya putaran kedua Pemilu Presiden,” kata Menteri Keuangan Chatib Basri yang dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet, di Jakarta, Jumat (6/6/2014)

Lebih jauh Chatib menjelaskan dana yang bisa dihemat ini   bisa digunakan untuk membantu program lainnya. Misalnya, membantu menekan kuota bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi 2 juta kiloliter (kl) menjadi sekitar 46 juta kl.

Opsi ini sudah dituangkan dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 1 Tahun 2013 tentang Larangan Penggunaan BBM Bersubsidi di Sektor Tambang, Industri, Perkebunan serta Kendaraan Dinas Pemerintah. “Kalau kita melakukan ini bisa hemat sekitar 2,85 juta kl, tapi mesti dieksplore lagi,” kata Chatib.

Baca juga :  Lion Air Turunkan Harga Jual Tiket Pesawat Rute Domestik

Selain itu, lanjut Chatib, ada pula opsi untuk menaikkan tarif listrik enam golongan pelanggan, dengan perkiraan anggaran yang dapat dihemat sekitar Rp 8,51 triliun. (ek)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Ruang Fiskal Bertambah, Said Abdullah Apresiasi SKB Jilid III

JAKARTA-Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, MH Said Abdullah mengapresiasi 

Indonesia-Mozambik Tingkatkan Perdagangan Melalui Skema Forward Processing

BALI-Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi dan Menteri Industri dan Perdagangan