Posisi Net Kewajiban Investasi Internasional Indonesia Menurun

Thursday 29 Dec 2016, 4 : 25 pm
by
ILustrasi Bank Indonesia

JAKARTA-Posisi Investasi Internasional (PII) Indonesia mencatat net kewajiban sebesar USD340,6 miliar (37,5% PDB) pada akhir triwulan III 2016, turun 17,7% dari posisi net kewajiban pada akhir triwulan II 2016 yang sebesar USD413,7 miliar (47,1% PDB).

Penurunan net kewajiban PII Indonesia disebabkan oleh lebih besarnya kenaikan Aset Finansial Luar Negeri (AFLN) dibandingkan dengan kenaikan Kewajiban Finansial Luar Negeri (KFLN) sejalan dengan hasil implementasi tax amnesty yang berjalan baik.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Tirta Segara menjelaskan posisi AFLN Indonesia pada akhir triwulan III 2016 naik 45,5% (qtq) atau sebesar USD99,9 miliar menjadi USD319,5 miliar.

Kenaikan tersebut terutama didorong oleh peningkatan posisi investasi langsung dan investasi lainnya, yang antara lain dipengaruhi deklarasi aset luar negeri dalam program tax amnesty.

“Selain itu, peningkatan posisi aset investasi portofolio dan cadangan devisa dibandingkan dengan triwulan sebelumnya juga memengaruhi bertambahnya posisi AFLN,” terangnya.

Sementara itu, posisi KFLN Indonesia pada akhir triwulan III 2016 meningkat 4,2% (qtq) atau sebesar USD26,8 miliar menjadi USD660,1 miliar. Peningkatan tersebut terutama didorong oleh aliran masuk modal asing pada investasi langsung dan investasi portofolio.

Selain itu, kenaikan nilai instrumen investasi berdenominasi rupiah sejalan dengan kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan pelemahan dolar AS terhadap rupiah pada triwulan laporan juga turut mempengaruhi kenaikan posisi KFLN.

BI memandang perkembangan PII Indonesia sampai dengan triwulan III 2016 masih cukup sehat. Kendati demikian, BI tetap terus mewaspadai risiko net kewajiban PII terhadap perekonomian.

“Ke depan, BI berkeyakinan kinerja PII Indonesia akan semakin sehat sejalan dengan bauran kebijakan moneter dan makroprudensial yang ditempuh BI, serta didukung oleh implementasi Undang-Undang Pengampunan Pajak yang berjalan dengan baik,” pungkasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Menteri Johnny Dorong Kolaborasi Gerakan Menuju Smart City 2022  

JAKARTA-Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menginisiasi Gerakan Menuju Smart City

Asuransi Wahana Tata telah melampaui target perolehan premi asuransi tahun 2012

PRESS RELEASE PENCAPAIAN PREMI PT. ASURANSI WAHANA TATA TAHUN 2012