Postur Kabinet Jokowi Bukti Kemenangan JK

Thursday 18 Sep 2014, 3 : 35 pm
daridulu.com/bambang tri

JAKARTA-Postur kabinet Jokowi yang tetap berisikan 34 menteri dinilai sebagai dominasi peran Jusuf Kalla dalam pembentukan kabinet.
“Komposisi ini, bukan soal salah atau benar, tapi Jusuf Kalla (JK) lebih realistis. Prosesnya ada kompromi politik. Jelas ini kemenangan JK,”  kata pengamat politik FISIP Universitas Paramadhina, Hanta Yudha dalam diskusi  “Konstelasi Politik Jelang 20 Oktober 2014”, bersama anggota Komisi III DPR F-Partai Gerindra, Martin Hutabarat, Jakarta, (17/09/2014)

Menurut Hanta,  langkah Jokowi membentuk 34 kementerian bukanlah sebagai pelanggaran. Namun lebih menjawab pada masalah realitas politik di lapangan. “Kita tahu, ada tiga poin penting yang sering diucapkan, yakni koalisi ramping, tanpa syarat dan tak ada rangkap jabatan. Inilah yang menjadi dilema koalisi sekarang ini,” terangnya.

Karena itulah, kata Hanta, saat ini koalisi tanpa syarat dan kabinet ramping telah kehilangan relevansinya. “Terlihat, tekanan parpol menjadi lebih banyak. Jadi memang realitasnya seperti ini,” ucapnya.

Disisi lain, kata Hanta, Jokowi juga memiliki kepentingan untuk mendapat dukungan partai di parlemen. Karena itu dari 16 jabatan menteri dari parpol, ada beberapa yang akan diberikan kepada Koalisi Merah Putih (KMP). “Ini memang cara Jokowi menggoda Koalisi Merah Putih, dia tinggal katakan, silahkan kapan mau mengisi jabatan itu,” tuturnya.

Yang jelas, sambung Hanta lagi, peta kekuatan  akan berubah pada 20 Oktober 2014 nanti. Namun demikian semua itu tergantung dari kekuatan KMP. (ek)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BI Akui Awasi Intensif Tiga Bank

JAKARTA- Bank Indonesia (BI) mengakui ada 3 bank yang statusnya

Kontribusi Industri Logistik Untuk Ekonomi Digital Sangat Signifikan

JAKARTA-Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Indonesia membutuhkan