Potensi EBT Yang Melimpah di Indoneia Menarik Investor

Sunday 17 Nov 2019, 5 : 49 pm
by
energi baru
Menteri ESDM, Arifin Tasrif

JAKARTA-Pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) yang tengah digalakkan oleh Pemerintah berpotensi memberikan kontribusi besar pada ketahanan energi nasional dan perekonomian nasional yang berkelanjutan.

Melihat peran krusial dari EBT ini dibutuhkan dukungan dari pihak universitas untuk menggiatkan penelitian di sektor EBT.

“Pemerintah membutuhkan dukungan dari pihak Universitas untuk menggiatkan penelitian di sektor EBT. Hal ini demi mendorong industri EBT agar lebih efisien. Terus lakukan riset teknologi lanjutan agar bisa memberikan masukan kepada Pemerintah,” ungkap Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif pada acara International ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Business Summit 2019 di Hotel Shangrilla Jakarta, Jumat (15/11).

Sebagai informasi, International ITS Business Summit 2019 merupakan salah satu sarana mempertemukan para pemangku kepentingan seperti pemerintah, perguruan tinggi dan pelaku usaha.

Selain mampu mewujudkan ketahanan energi di masa depan, target bauran energi berbasis EBT sebesar 23% di tahun 2025 diproyeksikan menjadi penopang pertumbuhan ekonomi nasional melalui penyerapan tenaga kerja.

“Dunia sudah mulai membicarakan transisi energi sejak adanya inisiatif Paris Agreement yang menghasilkan energi bersih. Potensi EBT yang melimpah di Indonesia akan menarik investor. Jadi, meningkatkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan yang lebih baik dengan hadirnya lapangan kerja,” kata Arifin.

Arifin mengungkapkan, suksesnya sejumlah negara berlomba-lomba memanfaatkan matahari sebagai sumber listrik menjadi bukti EBT sebagai energi masa depan.

Untuk itu, pemanfaatan EBT akan dioptimalkan melalui eksekusi mega proyek 35 ribu Mega Watt (MW).

“Sebagai energi masa depan, EBT sudah selayaknya mengisi program 35 ribu MW,” tandas Arifin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pemerintah Berupaya Jaga Keseimbangan Investasi

JAKARTA-Pemerintah Indonesia terus fokus menjaga ekonomi tetap inklusif dalam mempertahankan
pembayaran untuk melunasi pokok maupun bunga obligasi dan sukuk itu dilakukan pada 18 Oktober 2021

Pendapatan Data Katrol Kinerja EXCL di Tengah Pandemi Covid-19

JAKARTA-Presiden Direktur PT XL Axiata Tbk (EXCL), Dian Siswarini mengungkapkan,