Presiden Bangun Kembali Palu

Wednesday 27 Mar 2024, 12 : 36 am
Presiden Jokowi meresmikan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Bangunan Pascabencana Palu, Rabu (26/03/2024). (Foto: BPMI Setpres)

PALU – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akhirnya meresmikan rehabilitasi dan rekonstruksi bangunan yang terdampak gempa bumi dan tsunami yang melanda Kota Palu 6 tahun lalu pada tahun 2018 lalu.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 8 Tahun 2022 tentang Penuntasan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana Gempa Bumi, Tsunami, dan Likuefaksi di Provinsi Sulawesi Tengah, pemerintah melakukan berbagai upaya untuk memulihkan kondisi yang terdampak.

“Alhamdulillah dengan kerja keras dari berbagai pihak hari ini dikatakan, dapat dikatakan fasilitas publik seperti jalan, jembatan, pelayanan publik seperti pendidikan, pelayanan kesehatan, aktivitas sosial dan ekonomi kita lihat sudah pulih kembali,” kata Presiden dalam sambutannya di Gedung Anutapura Medical Center (AMC) RSUD Anutapura Palu, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (26/03/2024) seperti yang dikutip dari setkab.go.id.

Kepala Negara menyebutkan, salah satu upaya rekonstruksi bangunan yang telah dilakukan yaitu dengan membangun Gedung AMC, RSUD Anutapura.

Gedung yang dibangun dengan anggaran Rp 244 miliar tersebut menjadi gedung pertama di Indonesia yang menerapkan sistem base isolation dengan bantalan karet inti timbal atau lead rubber bearing untuk mengurangi dampak gempa.

“Tadi saya sudah diberikan gambarnya di bawah gedung ini ada kayak shockbreaker nanti bisa lentur kalau terjadi gempa, tapi kita tidak mengharapkan adanya gempa,” ujarnya.

Selain itu, Presiden Jokowi turut meresmikan Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama yang juga mengalami rekonstruksi menyeluruh dengan total anggaran mencapai Rp 139,1 miliar.

Pembangunan sejumlah sarana pendukung pembelajaran menjadi bagian dari upaya rekonstruksi kembali pusat pendidikan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BTN Raih The Best Public Companies

Direktur PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. R. Mahelan Prabantarikso

Kemenperin Proaktif Cegah Penyebaran Covid-19

JAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya mencegah penyebaran Covid-19 yang disebabkan