Presiden Jokowi Minta Hong Kong Tingkatkan Investasi

Thursday 17 Sep 2015, 5 : 00 pm
by
Presiden Jokowi bersama CY Leung

JAKARTA-Presiden Joko Widodo meminta pemerintah Hong Kong meningkatkan investasinya  di Indonesia. Pasalnya, investasi Hong Kong di Indonesia masih tergolong kecil dengan nilai investasi sekitar US$ 600 juta. Hal ini disampaikan Presiden Jokowi saat menerima Kepala Eksekutif Daerah Administrasi Khusus Hong Kong, CY Leung. “Jadi, saya bilang masih kecil sekali. Bisa ditingkatkan. Saya menyampaikan juga mengenai proyek-proyek yang mungkin bisa dimasuki, misalnya pembangkit listrik, jalan tol, pelabuhan, kereta api, di luar Jawa,” kata Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/9).

Mendampingi Presiden Jokowi antara lain Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Konsul Jendral RI untuk Hong Kong Wilayah Khusus Makau  Chalief Akbar Tjandraningrat

Presiden Jokowi menambahkan, Pemerintah Indonesia menyambut baik rencana otoritas Hong Kong membuka kantor ekonomi dan perdagangan di Jakarta. Presiden mengharapkan kantor perwakilan dagang itu  memfasilitasi investor Hong Kong untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

Menurut Presiden, pembicaraannya dengan CY Leung masih dalam tahap awal, dengan harapan peluang berinvistasi di Indonesia itu akan disampaikan kepada para investor Hong Kong.

Indonesia dan Hong Kong memiliki nilai perdagangan bilateral di tahun lalu mencapai USD5,13 miliar. Sementara Hong Kong merupakan investor terbesar ke-9 di Indonesia dengan nilai investasi sebesar USD657 juta tahun lalu, naik dari investasi di 2011 yang nilainya kurang dari USD200 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Reaktivasi Sumur, Anak Usaha ENRG Siap Jual Gas ke PLN

JAKARTA-PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) melaporkan bahwa anak usahanya,

Ingatkan Kasus Boyolali, Ganjar ke Relawan: Jangan Takut Diintimidasi

SURABAYA-Calon Presiden atau Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengingatkan