Presiden: Ketersediaan Air Kunci Ketahanan Pangan

Saturday 19 Mar 2016, 7 : 49 pm
by
Presiden Jokowi menandatangani prasasti peresmian Bendungan Nipah, Sampang (19/3)

MADURA-Pemerintah akan terus berupaya membangun infrastruktur (bendungan-waduk) guna menghindari krisis pangan di masa yang akan datang. Pasalnya, kunci ketahanan pangan adalah ketersediaan air yang cukup.

Penegasan ini disampaikan Presiden Joko Widido  usai meresmikan pengoperasian Bendungan Nipah di Sampang, Madura, Jawa Timur. Sebelum ke Madura, Presiden Jokowi juga meresmikan Jalan Tol Surabaya-Mojokerto seksi IV di Kabupaten Mojokerto. “Bendungan ini disiapkan untuk jangka panjang untuk produksi pangan kita,” tutur Presiden Jokowi saat peresmian.

Dengan laju pertambahan penduduk dunia seperti saat ini dan pada masa yang akan datang maka energy dan pangan akan menjadi rebutan manusia. Karenanya, untuk mencegah krisis pangan ini, pemerintah membangun terus bendungan. “Tahun ini 8 (waduk), tahun depan 9 waduk. Karena kunci kemajuan ada  di ketersediaan air,” kata Presiden.

Misalnya, di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pemerintah menargetkan membangun 7 waduk, karena provinsi ini mengalami kesulitan air baik untuk pengairan irigasi maupun air minum pun. Dengan banyaknya bendungan dibangun diperkirakan produksi pangan akan melimpah. “30-40 tahun negara lain akan datang meminta pangan kelebihan kita. Mereka yang minta bukan kita yang mengimpor dari mereka,” ujar Presiden dengan optimis.

Menurut Presiden, bendungan ini akan mengairi sawah seluas 1.150 Ha. Sawah-sawah itu terdiri dari 925 Ha sawah baru yang merupakan pengembangan sawah tadah hujan dan 225 Ha merupakan areal sawah existing. Dengan manfaat tambahan,  sebagai konservasi sumber daya air dan daerah wisata serta perikanan air tebar.

Bendungan Nipah di Sampang ini dibangun untuk dapat berfungsi dalam umur layanan 50 tahun. Oleh sebab itu, pengelolaan bendungan yang berkelanjutan menjadi keharusan.

Agar berkeberlanjutan, daerah tangkapan air Bendungan Nipah dipelihara dengan memperhatikan sistem konservasi yang baik. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah perbandingan debit maksimum dan debit minimum di bawah 50, laju sedimentasi maksimum 2 mm/tahun, dan rasio ruang terbuka hijau minimal 30%.

Lokasi pembangunan Bendungan Nipah adalah di Desa Tabanah, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang atau tepatnya di Pantai Utara Sampang, 60 km dari Kota Bangakalan, Madura. Bendungan ini sudah menjadi studi sejak tahun 1973, kemudian mulai pembebasan lahan 1982. Tahun 1993, masyarakat tidak berkenan sehingga berhenti. Dibangun tahun 2004 dan selesai pada tahun 2008, namun karena terkendala pembebasan lahan, proses pengisian baru dimulai pada 10 Oktober 2015.

Ikut mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam peresmian tersebut adalah Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ditjen Pajak Lepas Sandera Pajak

JAKARTA-Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak akhirnya melepaskan pengemplang pajak ZS dari

Gaji Besar, Ahli Konstruksi Senang Kerja di Luar Negeri

JAKARTA-Pembahasan RUU Jasa Konstruksi pada dasarnya untuk mendongkrak usaha jasa