Presiden: Sinergi Pusat dan Daerah, Kunci Menangkan Persaingan

Monday 9 May 2016, 1 : 47 am
by
Presiden Joko Widodo saat menutup Apkasi International Trade and Investment Summit (AITIS) 2016

JAKARTA- Presiden Joko Widodo mengatakan kompetisi di era globalisasi sangat ketat. Salah satu kunci untuk memenangkan persaingan ini ialah adanya kesinambungan antara pemerintah pusat dan daerah. “Kita sudah masuk era persaingan. Salah satu kunci memenangkan persaingan ialah adanya sinergi pusat dan daerah,” kata Presiden saat menutup Apkasi International Trade and Investment Summit (AITIS) 2016 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (7/5).

Acara tahunan yang digelar oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) tersebut berlangsung sejak 5 Mei 2016 dan bertujuan untuk mempromosikan potensi sektor unggulan dari kabupaten di seluruh Indonesia.

Menurut Presiden, salah satu bentuk dari sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dengan cara merombak regulasi-regulasi penghambat. Apalagi, regulasi-regulasi yang ada saat ini sudah terlalu banyak sehingga menghambat proses pengambilan tindakan. “Kita negara besar, tetapi kecepatan kita untuk bertindak dihambat aturan sendiri. Saat ini ada sekitar 42.000 aturan pusat dan daerah. Dengan aturan sebanyak ini, kecepatan bertindak jadi lambat. Padahal perubahan global sangat cepat,” jelasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

KPU Umumkan Pemenang Pilpres Besok Pukul 16.00 WIB

JAKARTA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) optimis hasil rekapitulasi suara Pemilu Presiden
pertumbuhan penerbitan sukuk global selama Kuartal II-2021 didukung oleh peningkatan minat investor untuk menempatkan modal di instrumen suku, adanya kebutuhan refinancing dan diversifikasi pendanaan yang dilakukan oleh emiten.

Fitch: Tren Turun Harga CPO Asia Bakal Berlanjut ke Semester II-2021

JAKARTA-Fitch Ratings Singapore Pte Ltd memperkirakan, harga minyak sawit mentah