Presiden Xi Jinping Berharap Hubungan RI- RRT Makin Meningkat

Sunday 9 Nov 2014, 8 : 57 pm
by

BEIJING-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengawali rangkaian kegiatan kunjungannya ke RRT, Minggu (9/1), dengan menemui Presiden RRT Xi Jinping, di Balai Agung Rakyat di Beijing, beberapa ratus meter dari lapanga Tiananmen.

Dalam pengantarnya, Presiden Jokowi berharap agar hubungan kedua negara yang telah menjadi mitra strategis komprehensif, dapat lebih nyata diwujudkan sehingga akan bermanfaat bagi rakyat kedua negara. “Hubungan Indonesia dan RRT, telah berjalan sejak ratusan tahun silam. Ini menjadi modal bagi kedua negara untuk menjadi mitra strategis komprehensif. Kedepan, saya ingin, kemitraan startegis yang komprehensif ini dapat semakin konkret,” kata Jokowi seperti dikutip dari laman setkab.go.id, Minggu (9/11).

Presiden meyakini, kemitraan strategis komprehensif jika diwujudkan makin nyata, akan memberikan keuntungan bagi kedua negara, terutama rakyat.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih atas undangan yang diberikan Presiden Xi Jinping untuk hadir dalam pertemuan ke-22 pimpinan ekonomi APEC, di Beijing, 10-11 November.

Presiden Jokowi juga mengundang Presiden Xi Jinping untuk hadir pada peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika di Indonesia mendatang.

Berharap Meningkat

Sementara itu Presiden Tiongkok Xi Jinping mengatakan, hubungan kemitraan strategis komprehensif Indonesia-Tiongkok paling dinamis di kawasan Asia Pasifik.

Ia menyebutkan, hubungan kedua negara telah berjalan sangat lama dan memiliki persahabatan yang dalam. “Ada pepatah Indonesia berbunyi: jauh di mata dekat di hati. Meski pun dua negara terpisah oleh laut dan samudera luas, namun besarnya gelombang tidak menghalangi pertukaran kita, mulai dari pelayaran Laksamana Cheng Ho hingga Konferensi Asia Afrika,” kata Xi, berpantun.

Presiden Xi menambahkan, kedua negara telah menjalin persahabatan yang dalam, dengan saling menghormati sebagai tetangga dan sahabat lama.

Pada kesempatan itu, Presiden Xi Jinping menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Joko Widodo sebagai Presiden RI selama periode lima tahun ke depan. “Saya yakin dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi, Indonesia akan semakin maju, termasuk dalam pembangunan dan pergaulan internasional,” ujar Presiden RRT.

Preside Xi Jinping berharap hubungan dan kerja sama Indonesia dan Tiongkok yang telah berjalan sangat baik, dapat lebih ditingkatkan di masa datang, dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi.

Dalam pertemuan itu, Presiden Joko Widodo didampingi Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, dan Wakil Ketua DPD GKR Hemas. Sementara  Presiden Xi Jinping didampingi Menteri Luar Negeri RTT Wangg Yi. Setelah bertemu Xi Jinping, Presiden Jokowi melakukan pertemuan terpisah dengan PM RRT Li Keqiang

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Wacana Libatkan TNI Memberantas Terorisme dan Narkoba Inkonstitusional

JAKARTA-Komisi I DPR mendesak pemerintah untuk mengembalikan peran TNI dalam
Sejumlah akademisi dari kalangan kampus ternama di Indonesia angkat bicara atas kelahiran buku peraih Rekor Muri yang berjudul 100 Anak Tambang Indonesia (ATI) bahkan sebelum diluncurkan nya 17 Agustus 2021 kemarin.

Buku 100 ATI Diapresiasi 7 Kampus Ternama di Indonesia

JAKARTA-Sejumlah akademisi dari kalangan kampus ternama di Indonesia angkat bicara