Produksi Padi Petani di Tangerang Melimpah

Thursday 7 May 2020, 12 : 43 pm
by
ilustrasi gabah

TANGERANG-Dinas Pertanian Kabupaten Tangerang, mencatat kenaikan produksi gabah dan beras di sejumlah wilayah pertanian di Kabupaten Tangerang.

Saat ini, tercatat stok beras di tingkat petani mencapai 66 ribu ton. 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tangerang Aziz Gunawan menerangkan, saat ini merupakan momen puncak panen petani padi di Tangerang. Hal ini, dipastikan akan terus berlangsung sampai Juni 2020.

“Untuk beras bukan panen raya, tapi ini puncak panen kami. Diperkirakan akan terjadi sampai Mei dan Juni ini,” jelas dia Rabu (6/5/2020).

Menurut Aziz, dari 16.320 hektar lahan pertanian padi yang ada di Kabupaten Tangerang, seluruhnya melaporkan produksi padi yang menggembirakan.

“Laporan ke kami tidak ada yang gagal panen. Semua produktif dan hasilnya sangat bagus,” jelas dia

Dia merinci setiap satu hektar sawah bisa menghasilkan antara 5,5 ton padi sampai 9 ton padi. 

“Yang terjelek itu 5,5 ton produksinya. Tapi rata-rata diangka 6,8 sampai 6,9 ton. Bahkan ada yang sampai 9 ton per hektar,” ucap dia.

Dia mengakui, tidak semua wilayah pertanian di Kabupaten Tangerang, memiliki hasil produksi yang bagus. Beberapa wilayah, dengan saluran irigasi yang kurang baik hanya bisa menghasilkan pada 5,5 ton per hektar.

“Memang tidak semua wilayah bisa produksi bagus. Saat ini umumnya di wilayah Pantura (Pantai Utara) Kecamatan Sukadiri, Mauk, Sepatan, Kronjo disana irigasinya sangat baik. Produksinya juga bagus,” jelas Aziz.

Dengan kondisi puncak panen seperti ini, pihaknya meyakini harga dan pasokan beras untuk masyarakat kabupaten Tangerang, bisa terpenuhi dan harga dipasaran akan terkendali.

“Kalau seperti ini pasokan aman dan harga akan stabil. Di tingkat petani itu kisaran Rp8 ribu sampai Rp10 ribu perliter,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Sulit Wujudkan Bank Pertanian

JAKARTA-Tak adanya Bank Pertanian dalam Undang-Undang (UU) Perlindungan dan Pemberdayaan

Dilecehkan Nasdem-PKB, Dewan Pakar: PKS Buka Opsi Bentuk Poros Baru

JAKARTA-Dewan Pakar Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Annar Salahudin Sampetoding mengakui