Program Cashless Payment Diarahkan Masuk Daerah Transmigrasi

Saturday 25 May 2019, 11 : 36 pm
by

YOGYAKARTA-Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) akan mengarahkan program cashless payment sistem masuk ke daerah transmigrasi. Pasalnya, implementasi cashless ini ternyata mendapat respon masyarakat dengan baik.

“Sehingga, kedepan kita akan arahkan ke cashless. Penerapan cashless payment system ini, diharapkan dapat memperbaiki sistem pengelolaan manajemen keuangan ataupun data mining yang selama ini menjadi kelemahan menjadi lebih baik di desa-desa di wilayah kawasan transmigrasi,” kata Sekjen Kemendes PDTT Anwar Sanusi disela-sela Focus Group Discussion (FGD) pengembangan ekonomi kreatif atau digital untuk percepatan pengembangan pembangunan transmigrasi sebagai wujud restorasi transmigrasi di Ruang Auditorium Merapi, Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Jumat (24/5).

Menurutnya, pengembangan digital ekonomi mendapat respon positif. “Saya telah meninjau BUMDes dan pasar-pasar yang sudah dibantu dengan mengembangkan penggunaan Cashless Payment yaitu pemanfaatan alat pembayaran digital.Mereka antusas,” tuturnya.

Sanusi mengatakan program transmigrasi menjadi salah satu solusi bagi perkembangan indonesia. Pasalnya, program transmigrasi telah memberikan kontribusi signifikan terutama untuk mengatasi problematika kependudukan dan problematika terkait kemiskinan.

“Wilayah transmigrasi saat ini sudah ada yang menjadi pusat-pusat pertumbuhan diluar Pulau Jawa. Kita sudah melihat bagaimana transmigrasi memberikan kontribusi bagi berdirnya dua provinsi, puluhan kabupaten, ratusan desa dan kecamatan. Jadi, dalam berbagai aspek, transmigrasi telah menjadi semacam ikon penting bagi pembangunan industri, bahkan menjadi inspirasi bagi negara tetangga untuk mengembangkan hal yang sama,” kata Anwar saat membuka FGD.

Menurut Anwar, Kemendes PDTT telah membuat dan mengusulkan program revitalisasi perekonomian desa kawasan transmigrasi dan daerah tertinggal yang tujuannya agar semakin tumbuh dan berkembang perekonomiannya.

“Karena itu, kita mesti kawal secara bersama-sama. Asumsi yang kita bangun bahwa ada potensi dari pedesaan atau dari transmigrasi kalau kita bisa mengintervensi secara tepat. Maka, akan memberikan kontribusi yang sangat signifikan terutama bagi pertumbuhan ekonomi bangsa indonesia. Saat ini, kita sudah mengidentifikasi menyangkut konektivitas atau hubungan antara wilayah transmigrasi, antar wilayah pedesaan, antar perdesaan dan perkotaan, antar pedesaan dengan pusat produksi,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

IPO

Bersama Mencapai Puncak Bandrol Harga IPO Rp268-Rp278 per Saham

JAKARTA-PT Bersama Mencapai Puncak Tbk (BAIK), calon emiten di bidang

PKS Tangsel Resmi Usung Ruhama Ben Jadi Balon Walkot

TANGERANG-Rapat Kordinasi Daerah (Rakorda) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Tangerang