Program Halal Center KOPITU Resmi Diluncurkan

Kepala BPJPH, Prof. Ir. Sukoso, M.Sc., Ph.D

JAKARTA-Komite Pengusaha UMKM Indonesia Bersatu (KOPITU) dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI resmi bermitra dalam Program Halal Center KOPITU.

Peresmian dan peluncuran Program ini ditandai dengan penandatanganan MOU Halal Center antara BPJPH dan KOPITU.

Penandatanganan yang dilakukan oleh Kepala BPJPH, Prof. Ir. Sukoso, M.Sc., Ph.D., dan Ketua Umum KOPITU, Yoyok Pitoyo, S.E.; dilakukan pada tanggal 19 Mei 2020 di Jakarta, bersamaan dengan diselenggarakannya kegiatan International Workshop Online on the Indonesian Halal Certification for Halal Certification Agencies in Foreign Countries “Regulations and Procedures” yang diadakan oleh KOPITU.

Penandatanganan ini juga disaksikan oleh Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Kawasan Atas Pasifik dan Afrika, Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan (BPPK) Kementerian Luar Negeri RI, Dyah L. Asmarani, S.Sos., M.Si.; dan juga para peserta workshop yang terdiri atas perwakilan lembaga-lembaga pemeriksa/sertifikasi halal dari berbagai negara seperti Australia, New Zealand, Kroasia, China, Jerman, dll., serta civitas akademika dan perwakilan negara asing di Indonesia.

Baca :  BRI Ajak 155 UMKM Berkompetisi Masuk Pasar Internasional

Program Halal Center KOPITU ini meliputi program-program di bidang:

Pertama, jaminan produk halal

Dan kedua, pengembangan kelembagaan antara KOPITU dan BPJPH.

Prof. Sukoso dalam sambutannya berharap penandatanganan MOU ini dapat mempermudah dalam pendampingan pengurusan jaminan produk halal di Indonesia.

Selain itu, dengan ditandatanganinya MOU ini juga sebagai tanda bahwa BPJPH terbuka terhadap diadakannya kerja sama antar lembaga, baik dengan lembaga di dalam maupun di luar negeri, mengenai jaminan produk halal.

“Kerja sama Program Halal Center KOPITU ini telah membuka jalan bagi para UMKM, terutama anggota kami, dalam pengurusan sertifikasi halal, untuk pengurusan yang terbuka, transparan dan sesuai dengan prosedur,” ujar Ketua Umum KOPITU, Yoyok Pitoyo.

Baca :  Pertamina Perkuat UMKM di Tengah Wabah COVID-19

Program-program yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat adalah pendampingan pengurusan sertifikasi halal bagi produk-produk UMKM di Indonesia.

Sedangkan untuk lembaga-lembaga pemeriksa/sertifikasi halal di luar negeri, Program ini menawarkan jasa yaitu virtual office untuk kantor perwakilan di Indonesia dan pendampingan pengurusan administrasi sertifikasi halal ke BPJPH.