Program Pensiun Belum Diminati Masyarakat

Tuesday 10 Jun 2014, 7 : 03 pm
manulife-indonesia.com

JAKARTA-Kesadaran masyarakat Indonesia terhadap perencanaan masalah pensiun dinilai masih minim.  Alasanya lebih karena keterbatasan informasi mengenai manfaat jangka panjang soal program pensiun. “Disisi lain, juga lantaran kurangnya sosialisasi dari pihak-pihak terkait,” kata Chief of Employee Benefits PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia, Nur Hasan Kurniawan, Selasa, (10/06/201).

Menurut Nur Hasan, hasil penelitian Manulife Investor Sentiment Index (MISI) mengungkap sebanyak 45% responden belum sama sekali merencanakan masa pensiun mereka. “Kabar baiknya, 55% lainnya sudah merencanakan masa pensiun,” ungkapnya sambil menyayangkan  kenyataannya, cuma 3,5 juta masyarakat Indonesia yang memiliki program pensiun.

Nur Hasan mengakui hanya 3,5 juta dari total penduduk sekitar 250 juta di Indonesia yang memiliki program pensiun di perusahaan pengelola dana pensiun swasta, baik melalui Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK) maupun Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). “Sekitar 1,5 juta adalah peserta DPPK dan sisanya 2 juta merupakan peserta DPLK,” ucapnya

Baca juga :  Bangun Pabrik Senilai USD521 Juta, KRAS Klaim Bisa Hemat 25% Biaya Operasional

Hanya saja, lanjut Nur Hasan, mayoritas peserta yang memiliki program pensiun ini berasal dari perusahaan. “Kebanyakan dari peserta DPPK dan DPLK ini adalah peserta yang diikutkan oleh perusahaan mereka bekerja, bukan atas inisiatif sendiri,” pungkasnya. (ek)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Bantu Entaskan Kemiskinan, OJK Luncurkan ‘OJK Proksi’

JAKARTA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan Pusat Pengembangan Keuangan Mikro dan

Angkasa Pura II Resmi Operasikan Runway 3 Bandara Soetta

TANGERANG-Angkasa Pura II (Persero) dan Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan