Punya Rencana Bangun Wirausaha Sosial? Simak 15 Wirausaha Sosial Inspiratif Berikut Ini!

JAKARTA-Tren wirausaha sosial kini semakin merebak dan menarik bagi pelaku usaha khususnya generasi milenial. Sebenarnya apa sih wirausaha sosial itu? Pada dasarnya wirausaha sosial adalah suatu usaha yang dapat memberikan dampak bermanfaat bagi masyarakat atau menjadi solusi bagi permasalahan sosial yang ada. Banyak pelaku usaha yang mulai sadar untuk memberikan dampak sosial dari bisnis yang dijalankan. Namun, terkadang mereka kesulitan dalam menyeimbangkan antara menghasilkan revenue dan memberikan dampak sosial.

Bank DBS Indonesia melalui DBS Foundation bersama Instellar menghadirkan program Social Enterprise (SE) Bootcamp 2019, suatu program akselerasi untuk para pebisnis muda Indonesia yang berfokus pada penyelesaian masalah sosial melalui inovasi bisnis. SE Bootcamp 2019 tahun ini tidak hanya menerima pendaftar wirausaha sosial tetapi juga usaha kecil dan menengah (UKM) yang ingin memberikan dampak sosial melalui bisnisnya. Para wirausaha sosial dan UKM yang berpartisipasi menyerahkan proposal (pitch deck) sebagai syarat yang nantinya akan diseleksi oleh DBS Foundation dan Instellar. Proposal yang diajukan dapat berupa bisnis yang baru berjalan dua hingga lima tahun.

Baca :  Ingatkan Agar Berlangganan, PDAM Depok Layangkan Surat ke Pihak Niaga dan Industri

Program SE Bootcamp 2019 mendapat sambutan yang baik bagi pelaku UKM dan wirausaha sosial Indonesia terbukti dengan terdapat hampir 250 pendaftar. Saat ini Bank DBS Indonesia telah memilih lima belas wirausaha sosial Indonesia untuk mengikuti program SE Bootcamp 2019. Yuk, simak lima belas profil wirausaha sosial yang bisa jadi inspirasi untuk memulai bisnis yang dapat memberikan dampak sosial.

1. Tanijoy

Tanijoy merupakan perusahaan startup yang bertujuan untuk membentuk ekosistem pertanian dan menghubungkan petani melalui teknologi. Tanijoy menggunakan teknologi, memberdayakan masyarakat lokal, meningkatkan pendapatan petani, menciptakan agripreneur baru di pedesaan, dan berkolaborasi dengan pihak lain untuk membangun sektor pertanian yang lebih baik.

Baca :  Menhub: Fasilitas di Terminal 3 Ultimate BSH Harus Berfungsi Maksimal

2. Wise Steps Travel

Wise Step Travel merupakan salah satu pelopor biro perjalanan yang berkelanjutan dan edukatif di Indonesia. Bertujuan untuk memberikan wawasan budaya setempat, Wise Steps Travel menawarkan rangkaian pengalaman perjalanan yang kaya akan budaya lokal bagi pelanggan dan juga informasi serta wawasan dari pelanggan bagi komunitas setempat.

3. Pandawa Agri Indonesia

PT Pandawa Agri Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang agrokimia. Perusahaan yang berbasis di Jakarta dan Surabaya ini bertujuan membuat pertanian yang sehat melalui berbagai produk inovasi.

4. Ecodoe

Wirausaha sosial yang bergerak dalam sektor e-Commerce, Ecodoe menawarkan souvenir dan hadiah buatan tangan untuk perusahaan dan klien pemerintah. Ecodoe memberdayakan pengrajin lokal untuk menyediakan lini produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Ecodoe menggunakan konsep shared-economy di mana Ecodoe bekerjasama dengan pengrajin lokal dalam menyediakan produk souvenir terbaik.

Baca :  Omzet Industri Kreatif Digital Tembus Rp 100 Juta