Regional Marketing Award Memasuki Tahap Penjurian

JAKARTA-Perlambatan ekonomi Indonesia yang banyak dirasakan saat ini mengakibatkan dampak yang cukup mengkhawatirkan. Selain lesunya pertumbuhan dan perkembangan ekonomi, dampak psikologis juga mulai dirasakan. Hal ini terlihat dari munculnya suasana pesimis dari beberapa daerah di Indonesia. Namun, ternyata masih ada beberapa daerah yang mampu memperlihatkan dan menghasilkan kinerja ekonomi yang baik ditengah perlambatan pertumbuhan ekonomi saat ini. Pencapaian ini tentunya dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap daerah-daerah yang mencatat kinerja ekonomi yang relatif bagus dan sekaligus menyediakan wadah tukar pengalaman ke daerah-daerah lain, MarkPlus, Inc. mengusulkan kepada Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Irman Gusman untuk menyelenggarakan “Regional Marketing Award”. “Regional Marketing Award” adalah suatu kompetisi daerah (Propinsi, Kota dan Kabupaten) dalam bidang Trade, Tourism and Investment,” demikian keterangan Corporate Communications MarkPlus, Inc di Jakarta, Kamis (26/11).

Dijelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk menonjolkan daerah-daerah yang memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi diatas rata-rata nasional. Kerjasama ini turut melibatkan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Badan Koordinasi Penanaman Modal, Badan Pusat Statistik dan Indonesia Marketing Association.

Adapun penghargaan ini diberikan kepada daerah tingkat I dan II yang memenuhi salah satu dari tiga kriteria. Pertama, daerah tersebut mencatat kinerja ekonomi yang baik di tahun 2015. Kedua, memiliki inisitiaf yang bagus di bidang pariwisata, perdagangan dan investasi yang berdampak pada peningkatan kinerja ekonomi. Ketiga, memiliki inisiatif lain, seperti melakukan kesepakatan dengan kalangan pekerja, yang membuat daerah tersebut menarik sebagai tujuan investasi.

Jumlah pemenang yang diambil dalam “Regional Marketing Award” cukup banyak. Hal ini diharapkan dapat memacu kinerja dari daerah-daerah yang belum berhasil. Beberapa kategori pemenang akan ditetapkan berdasarkan tingkat Provinsi, Kota, dan Kabupaten.

Penjurian “Regional Marketing Award” dilaksanakan pada tanggal 26-27 November 2015 di kantor DPD RI. Penghargaan berupa sertifikat akan diberikan oleh Ketua DPD RI kepada pemenang di acara MarkPlus Conference 2016 yang digelar pada tanggal 10 Desember 2015 di Ballroom The Ritz-Carlton Jakarta Pacific Place.