Rekam Jejak Buruk, Igun Sumarno Tak Layak Maju Pilkada Depok

Ketua DPD PAN Kota Depok, Igun Sumarno

DEPOK-DPC PAN Kota Depok telah menjaring empat kadernya untuk mengikuti kontestasi Pesta Demokrasi pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Depok tahun 2020.

Namun 1 nama dari 4 nama yang muncul sangat tidak layak mengikuti kontestasi Pilkada Depok lantaran rejam jejaknya sangat buruk.

“Seperti saudara Igun (Igun Sumarno) tak memiliki kemampuan dan kapasitas dalam pengelolaan tata pemerintahan. Belum memiliki pengalaman Politik,” ungkap Direktur Eksekutif Pusat Studi Hukum dan Politik Depok, Bernhard di Depok, Selasa (24/12).

Bahkan, lanjutnya ketika Igun Sumarno didaulat menjadi Wakil Ketua DPRD Kota Depok periode 2014-2019, rekam jejaknya sangat buruk. Bahkan kerap absen dalam rapat dewan termasuk memimpin Rapat Paripurna.

Sehingga, Ketua DPD PAN Kota Depok itu tidak layak menjadi Bakal Calon Walikota Depok.

“Jika PAN memaksa Igun maju, maka ini menjadi kontra produktif politik dan dipastikan tidak mendapat dukungan legitimasi politik dari rakyat, bahkan akan merugikan PAN Depok ke depan,” tegasnya.

Selanjutnya, kata Bernhard, untuk dua kandidat lainnya merupakan sosok yang kurang populer bagi warga Depok, seperti Romi Bareno yang dua kali Pemilu kandas dengan dua partai berbeda.

Demikian juga dengan Yefrizal Yubhar. “Dua kandidat ini juga tidak layak untuk maju Pilkada,” urainya.

Bernhard menilai dari empat kandidat tersebut hanya satu yang layak mengikuti Pilkada Depok 2020.

“Jika dilihat dari beberapa kader PAN yang akan maju atau diusung oleh PAN menurut pendapat saya yang paling layak adalah Saudara Hasbullah,” tutur Bernhard.

Ia mengungkapkan sosok Hasbullah yang saat ini menjabat sebagai Ketua Harian DPW PAN Jabar dan Anggota DPRD Jabar ini memiliki basis pengalaman politik yang cukup panjang dan memiliki kemampuan intelektual.

Selain itu, sambung Bernhard, sosok yang juga sekarang menjadi Ketua Badan Kehormatan DPRD Jabar ini memiliki rekam jejak yang konsisten dalam membela kepentingan rakyat Depok.

“Di samping itu beliau memiliki Visi dan Misi yang jelas dan kongkrit serta sudah teruji ,” paparnya.

Sementara itu, Igun Sumarno belum bisa dihubungi. Pesan singkat via WhatsApp belum direspon.

Sebelumnya, DPD PAN Kota Depok mengadakan rapat untuk menghadapi Pilkada Depok 2020, di mana hasil rapat itu memunculkan empat nama yang dimajukan, yakni Wakil Sekjen DPP PAN, Romy Bareno, Ketua Harian DPW PAN Jabar, H.M Hasbullah Rahmad, Ketua DPD PAN Kota Depok, Igun Sumarno dan Wakil Ketua DPD PAN Kota Depok, Yefrizal Yubhar.