Ribuan Massa Penuhi Benteng Vastenburg Solo

Sabtu 10 Feb 2024, 3 : 27 pm
Warga Solo Raya menghadiri kampanye akbar “ Hajatan Rakyat Solo’” pasangan Capres – Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Sabtu (10/2/2024).

SURAKARTA  – Pasangan capres dan cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD menggelar kampanye akbar terakhir di dua kota di Jawa Tengah yakni Kota Surakarta (Solo) dan Kota Semarang, pada Sabtu (10/2/2024).

Berdasarkan pantauan di lokasi pertama kampanye akbar Ganjar-Mahfud di Solo, mengambil tempat di Benteng Vastenburg. Tampak di lokasi kampanye akbar sekira pukul 06.20 WIB, sejumlah persiapan sudah dilakukan oleh pihak panitia.

Terlihat jalan menuju lokasi acara sudah terpasang spanduk hingga poster-poster bergambar Ganjar-Mahfud hingga bendera-bendera partai politik pengusung seperti PDI Perjuangan (PDIP), PPP, Perindo dan Hanura.

Ribuan peserta kirab juga telah terlihat bersiap di sepanjang sekitar jalan sekitar Benteng Vastenburg.

Nantinya, berbagai lapisan masyarakat melakukan grebeg atau menggiring Ganjar-Mahfud dengan kirab budaya dari Ngarsopuro menuju Benteng Vastenburg, salah satu titik termasuk Balaikota Surakarta.

Selain itu, satu panggung besar juga sudah berdiri sebagai tempat utama melakukan kampanye akbar Ganjar-Mahfud.

Ornamen panggung juga dihiasi dengan tulisan salah satunya ‘Bantenge Metu Kandang’ (Bantengnya keluar kandang), Salam M3tal Menang Total, hingga sederet program Ganjar-Mahfud.

Pertunjukan seni kebudayaan rencananya akan ditampilkan. Ada juga mural dari seniman setempat yang menggambarkan ekspresi dan harapan kepada paslon nomor urut 03 itu.

Ribuan Massa pendukung Ganjar-Mahfud terus berdatangan ke lokasi acara Kampanye Akbar di Benteng Vastenburg. Mereka terlihat kompak mengenakan pakaian berwarna merah dan putih dengan gambar wajah Ganjar-Mahfud.

Menurut agenda, Ketua Umum DPP PDIP Prof. Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Plt Ketua Umum PPP M. Mardiono dan Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang (Oso) bakal hadir di lokasi acara kampanye akbar ini.

Begitupun sejumlah sosok penting seperti  putra Megawati dan Ketua DPP PDIP M. Prananda Prabowo, Sekjen Hasto Kristiyanto, hingga Dewan Penasehat TPN Ganjar-Mahfud Puan Maharani,

Akan hadir juga Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid, serta jajaran TPN hingga Tim Pemenangan Daerah (TPD).

Menurut jadwal, usai berkampanye di Solo pada pagi hari ini, Ganjar-Mahfud akan melanjutkan kampanye akbar ke Kota Semarang, Jawa Tengah.

Ganjar mengungkapkan sebelumnya, alasan pihaknya memilih dua kota dalam kampanye terakhirnya di Jawa Tengah. Yakni karena alasan normatif banyak massa yang ingin hadir.

“Sebenarnya mau 1 titik gitu ya, apakah di Solo, apakah di Semarang. Tapi ternyata semua berdebat, kalo bisa tambah lagi pak, setiap ekstra residenan itu artinya 6, nggak mungkin gitu kan. Maka diputuskan di dua tempat karena dua-duanya pengen dilaksanakan dan banyak orang yang pengen hadir, luar biasa bahkan dari Jakarta hari ini (kemarin) sudah membawa timnya masuk ke sana,” kata Ganjar di Kabupaten Bogor, dikutip Sabtu (10/2/2024).

“Saya tidak membayangkan kondisinya karena Jawa Timur juga mau hadir. Maka dengan dipecah 2 mungkin akan lebih baik,” sambung dia.

Sementara itu, Deputi Kanal Media Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Karaniya Dharmasaputra, menjelaskan, jika Solo ke Semarang menandakan peralihan kepemimpinan dari Presiden Jokowi ke Ganjar.

“Dari Solo menuju Semarang, dari era Jokowi menuju era Ganjar Pranowo. Dari daerah yang dulu melambangkan basis Jokowi, bergerak menuju Semarang, daerah yang merupakan perlambang basis Ganjar Pranowo,” kata Karaniya.

Menurutnya, seperti halnya ‘Hajatan Rakyat’ Solo yang dijejali ratusan ribu massa, Semarang juga akan tumpah ruah rakyat.

“Besok, Sabtu 10 Februari 2024, masyarakat dapat menghadiri ‘Hajatan Rakyat’ Semarang yang dimulai pukul 13.00 WIB. Kita nantikan Mas Ganjar dan Prof Mahfud akan menyampaikan apa menuju pemilihan umum 14 Februari,” tuturnya.

Selain tokoh-tokoh nasional,‘Hajatan Rakyat’ Semarang menghadirkan deretan seniman yang juga dekat dengan rakyat, seperti Slank, Nassar, Nella Kharisma, Woro Widowati, Danang, Cak Lontong, Oppie Andaresta, dan lain sebagainya. Tidak ketinggalan duet spesial Alam Ganjar dan NDX AKA, serta Yenny Wahid dan Once Mekel.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Prioritaskan Sektor Energi Hijau Untuk Serap Hibah Dari PGII Senilai US$600 Miliar

JAKARTA-Partnership for Global Infrastructure and Investment (PGII) memiliki komitmen selama

Catatan Netizen di Balik Putusan Pengadilan Kasus Pembunuhan Engeline (Bagian I)

“It is better that ten guilty persons escape, than that