Rizal : Pilgub Jatim Harus Jujur dan Adil

Monday 19 Aug 2013, 9 : 16 pm
Menko Kemaritiman dan Sumber Daya , Rizal Ramli

JAKARTA-Pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Timur akan menjadi pertarungan kekuatan parpol. Alasannya, pilgub ini menjadi indikator bagi Pemilu Legislatif dan Pilpres 2014. Karena itu Pilkada ini harus diawasi, termasuk KPU Daerah Jatim.

“Saya sudah minta KPUD Jatim dan Bawaslu Jatim, agar mereka dapat menyelenggarakan dan mengawasi Pilgub dengan profesional dan proporsional,” kata Ketua Umum Aliansi Rakyat untuk Perubahan (ARUP) Rizal Ramli di Jakarta, Senin,(19/8).

Lebih jauh kata Mantan Menko Perekonomian era Gus Dur ini berharap tidak lagi terjadi kecurangan pada Pilgub Jawa Timur seperti yang pernah terjadi pada Pilgub 2008. Sebaliknya, jika Pilgub Jatim berlangsung secara fair, jujur, dan adil maka akan memberi dampak positif pada Pemilu dan Pilpres 2014.

“Jangan lagi mengulangi kesalahan para pendahulu mereka pada 2008 silam. Jatim bisa menjadi tolok ukur bagi penyelenggaraan Pemilu dan Pilpres 2014,” terangnya.

Saat ditanyakan soal kekuatan politik Bambang-Said, Rizal mengaku dekat dengan Bambang, begitu juga Said Abdulah yang duduk di DPR.

“Terutama Bambang, dulu sebelum jadi walikota tidur di rumah saya. Kami bersama kemana-mana dengan Bambang,” ungkapnya sambil mengenang.

Bahkan Bambang setelah jadi Walikota dua kali, lanjut Rizal, pihaknya juga tetap membangun komunikasi. “Dia memiliki pengaruh yang kuat di sekitar Surabaya, makanya kita berharap dia bisa mengambil suara Sukarwo yang berasal dari GMNI. Bisa jadi Karsa ini akan jadi musuh bersama, antara Bambang-Said dan Khofifah-Herman,” tambahnya.

Calon presiden paling reformis versi Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) ini menjelaskan, pada 2008 Pilgub Jatim menjadi ‘kelinci percobaan’ untuk Pilpres 2009. Penguasa sangat berkepentingan agar jago yang diusungnya memenangi Pilgub, karena hal itu akan menjadi prototipe pelaksanaan Pemilu 2009.  

“Saya tahu persis, waktu itu Khofifah dicurangi dengan cara-cara yang kasar. Saat ini saya melihat hal serupa juga dilakukan terhadap Khofifah. Saya minta cara-cara seperti ini benar-benar dihentikan. Mari kita berdemokrasi secara beradab,” imbuhnya. **can

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Hanura Fokus Bangun Daerah

PEKANBARU-Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) mempertegas fokus perjuangannya untuk membangun

Citi Raih Penghargaan “Best Foreign Commercial Bank”

JAKARTA-Citi Indonesia dinobatkan sebagai “Best Foreign Commercial Bank” atau bank