Rizal Ramli Ingatkan Negara Hebat Harus Kuasai Laut

Tuesday 3 May 2016, 8 : 05 pm

JAKARTA-Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli menegaskan untuk menjadi negara hebat dan kuat, maka rakyat harus bisa menguasai laut. “Jangan pernah bermimpi bisa menjadi negara hebat, kalau tidak mampu menguasai laut,” katanya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (3/5/2016).

Rizal mengingatkan generasi muda agar bisa mengelola sumber daya alam dengan cara yang benar. Konsep “sedot ekspor” sudah tidak relevan lagi untuk kondisi saat ini. Konsep “sedot ekspor” itu hanya sekedar mengambil atau menyedot sumber daya alam yang kita miliki lalu langsung mengekspornya ke luar negeri.

Dikatakan Rizal, cara seperti itu tidak perlu dilakukan lagi, melainkan setelah menyedot sumber daya alam sebaiknya melalui proses pengolahan, sehingga sumber daya alam tersebut lebih bernilai jual tinggi.

Rizal menjelaskan, pelaut-pelaut Indonesia terkenal hebat. Sejak zaman dahulu, mereka mampu mengarungi lautan hingga mencapai Jepang menggunakan kapal Majapahit yang sederhana. “Presiden Jokowi ingin kita kembali cintai laut. Di masa lalu, angkatan laut Kerajaan Sriwijaya punya kekuatan maritim yang hebat, menyeberang hingga Champa, Thailand,” ucapnya.

Pelaut dari Kerajaan Majapahit juga pernah berlayar ke Malaka dan menguasai bagian wilayah Malaysia. Indonesia, ujar dia, memerlukan transformasi budaya dari yang condong ke darat beralih ke laut. Dan negara besar di dunia dipastikan punya kekuatan besar juga di bidang maritim.

Ekspedisi Terinspirasi oleh kisah kehebatan pelaut Indonesia di zaman dulu, Kementerian Koordinator Kemaritiman, Kementerian Pariwisata, Majapahit Admiration Community, dan Takushoku University bekerja sama menggelar ekspedisi dengan rute Jakarta-Pontianak-Brunei Darussalam-Manila-Jepang.

Ekspedisi ini direncanakan berlayar sepanjang Mei-Juli 2016. Bahtera yang digunakan berupa kapal bercadik dengan panjang 20 meter dan lebar 4,5 meter. “Di dalam kapal ini tidak tersedia tempat tidur, hanya ada koridor panjang,” ujarnya.

Rizal menuturkan kapal tersebut sengaja didesain sederhana sebagai replika kapal Majapahit yang pernah melintasi Sungai Brantas menuju Trowulan. Ekspedisi ini membawa misi mengangkat dan melestarikan nilai-nilai sejarah dan budaya maritim Indonesia ke Jepang.

Berdasarkan catatan sejarah, kapal Majapahit beberapa kali menyentuh daratan Okinawa dan tempat-tempat lain di Jepang pada abad ke-13. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya keris bergaya Majapahit di Okinawa dan penemuan pecahan keramik Imori kerajaan Jepang pada abad ke-13 di Trowulan, Jawa Timur.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

RPX Peroleh Validasi Sebagai Regulated Agent Third Country

JAKARTA-Perusahaan penyedia layanan pengiriman ekspres dan solusi logistik terpadu (One

Hingga Oktober 2014, DJP Tangkap 10 Orang Penerbit Faktur Pajak Bodong

JAKARTA-Penyidik Pegawai Negeri Sipil Direktorat Jenderal Pajak (PPNS DJP) bekerja