Roem Kono, Politisi Golkar Dilantik Jadi Dubes Bosnia

Roem Kono, politisi Golkar resmi menjadi Dubes Bosnia dan Herzegovina

JAKARTA-Tiga politisi dilantik menjadi Duta Besar oleh Presiden Joko Widodo. Mereka adalah Roem Kono, politisi Golkar resmi menjadi Dubes Bosnia dan Herzegovina, Heri Akhmadi-Politisi PDIP menjadi Dubes Jepang dan Iwan Bogananta-Politisi PKPI, menjadi Dubes untuk Republik Bulgaria.

Seperti diketahui, Roem Kono, pernah menjabat sebagai Ketua Komisi V DPR RI periode 2014-2019 dan Ketua BURT (Badan Urusan Rumah Tangga) DPR RI. Saat ini masih menjabat sebagai Ketua umum MKGR (Masyarakat Keluarga Gotong Royong).

Pelantikan Roem Kono dan Duta Besar Luar lainnya, berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/10/2020). Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 106/P Tahun 2020 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI.

Baca :  Presiden Jokowi Sambut Kehadiran Partai Gelora

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama membacakan keppres pengangkatan itu di hadapan para dubes yang dilantik. “Kepres No 106/P Tahun 2020 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI. Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Presiden RI menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memutuskan menetapkan dan seterusnya, mengangkat dalam jabatan Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh,” ujar Setya.

Setelah itu Jokowi memandu para dubes membaca sumpah jabatan. “Bahwa saya untuk diangkat menjadi Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh. Akan setia kepada UUD Negara RI Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Jokowi.

Baca :  Presiden Jokowi Bahas Penanganan Covid-19 Bersama Tokoh Lintas Agama

Daftar 12 Dubes yang dilantik:

1. Dindin Wahyudin. Dubes LBBP RI untuk Republik Senegal merangkap Republik Cabo Verde, Republik Gambia, Republik Guinea, Republik Guinea Bissau, Republik Mali, Republik Pantai Gading, dan Republik Sierra Leone, berkedudukan di Dakar.

2. Roem Kono. Dubes LBBP RI untuk Bosnia dan Herzegovina, berkedudukan di Sarajevo.

3. Dewi Savitri Wahab. Dubes LBBP RI untuk Kerajaan Denmark merangkap Republik Lithuania, berkedudukan di Kopenhagen.

4. Nana Yuliana. Dubes LBBP RI untuk Republik Kuba merangkap Persemakmuran Bahama, Jamaika, Republik Dominika, dan Haiti berkedudukan di Havana.

5. Heri Akhmadi. Dubes LBBP RI untuk Jepang merangkap Federasi Micronesia, berkedudukan di Tokyo.

6. Elmar Iwan Lubis. Dubes LBBP RI untuk Republik Irak, berkedudukan di Baghdad.

Baca :  Sejumlah Kerabat Masuk Pengurus Golkar, Tim 9 Bereaksi Keras

7. Iwan Bogananta. Dubes LBBP RI untuk Republik Bulgaria merangkap Republik Albania dan Republik Makedonia, berkedudukan di Sofia.

8. Jose Antonio Morato Tavares. Dubes LBBP RI untuk Federasi Rusia merangkap Belarus, berkedudukan di Moskow.

9. Desra Percaya. Dubes LBBP RI untuk Kerajaan Inggris merangkap Irlandia dan International Maritime Organization (IMO), berkedudukan di London.

10. Chalief Akbar Tjandraningrat. Dubes LBBP RI untuk Republik Rakyat Aljazair, berkedudukan di Alger.

11. Lutfi Rauf. Dubes LBBP RI untuk Republik Arab Mesir, berkedudukan di Kairo.

12. Rachmat Budiman. Dubes LBBP RI untuk Kerajaan Thailand merangkap UNESCAP, berkedudukan di Bangkok. ***