Ruhut Ditolak Komisi III

Tuesday 24 Sep 2013, 8 : 38 pm
by
Ruhut Sitompul

JAKARTA-Penolakan terhadap  Ruhut Sitompul sebagai Ketua Komisi III semakin keras. Dalam rapat pleno pelantikan kader Demokrat itu, anggota komisi yang membidangi hukum saling serang.

Bahkan, masalah pribadi Ruhut juga diangkat untuk dijadikan alasan penolakan tersebut.

Anggota Komisi III Fraksi Partai Hanura Syariffudin Sudding, merupakan orang yang pertama kali mengajukan penolakan terhadap penunjukkan Ruhut sebagai ketua komisi.

“Komisi III adalah komisi yang strategis karena membidangi hukum. Oleh sebab itu, saya mengharapkan agar orang yang menjadi ketua adalah orang yang memiliki kapabilitas, karena saya tidak ingin komisi ini menjadi komisi badut, maka fraksi Hanura menolak penunjukkan Ruhut sebagai ketua,” ujar Sudding di sela-sela rapat pleno di Ruang Rapat Komisi III, Jakarta, Selasa (24/9).

Demikian juga politisi Partai Gerindra Desmond J Mahesa yang dengan tegas menyatakan tak sepakat jika Ruhut dilantik.

“Pantas tidak Komisi III dipimpin oleh calon yang tidak mengakui anaknya dan mengaku di media kumpul kebo,” kata Desmond dalam rapat di Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (24/9).

Alasan ini lah Fraksi Gerinda kata Desmond menolak Ruhut. Selain melanggar norma, juga dianggap melanggar kesopanan atas perlakuan Ruhut.

Sementara, Habib Abu Bakar anggota DPR Komisi III Fraksi PKS menganjurkan kepada ketua fraksi PD untuk memilih perwakilan yang dapat diterima oleh seluruh fraksi.

“Bagaimana Komisi III ini berjalan, kalau ketuanya saja sudah ditolak beberapa fraksi. Saya mengharapkan agar fraksi PD memilih perwakilan yangbdapat diterima seluruh fraksi,”ucapnya.

Anggota Komisi III fraksi PPP Kurdi Mukti, justru meminta Ruhut agar secara terhormat mengundurkan diri dari pencalonannya sebagai Ketua Komisi III.

“Saya mendapat banyak masukan bahwa para fraksi ini agak risih jika komisi III dipimpin Ruhut. Bukannya kami tidak menghargai keputusan fraksi PD, tapi saya minta secara jantan dan terhormat agar Ruhut mengundurkan diri,” papar Kurdi.

Karena Ruhut dipojokkan dengan masalah pribadinya, anggota Fraksi PKB Otong Abdurrahman angkat suara. Ia menganggap tindakan Desmond dianggap sudah melampaui batas.

“Ini cenderung tidak beretika. Apalagi sudah mengarah pada hal-hal personal,” kata Otong Abdurrahman.

Kendati ditolak mayoritas anggota Komisi III,  Partai Demokrat tetap akan menunjuk Ruhut sebagai Ketua Komisi III DPR. 

Penolakan berbagai fraksi atas penunjukan Ruhut dinilai terlalu tendensius.

Padahal, penunjukan Ruhut merupakan hak Partai Demokrat selaku partai pemenang.

“Itu tendensius. Itu hak Partai Demokrat,” ujar Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan yang dihubungi wartawan di Jakarta, Selasa (24/9).

Syarief menegaskan, Partai Demokrat tetap mendorong Ruhut untuk menjadi Ketua Komisi III DPR RI menggantikan Gede Pasek Suardika.

“Kita tetap dorong Pak Ruhut. Sekarang sudah ditanam Ketua Fraksi yang menyelesaikan,” tegas dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ditjen Pajak Gelar Pertemuan dengan 17 Negara Asia-Pasifik

JAKARTA-Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak bekerjasama dengan OECD Center for Tax

Syarat Perpanjang Ijin Ekspor Konsentrat Freeport Harus Diperketat

JAKARTA-Energy Watch Indonesia (EWI) mendesak pemerintah menetapkan persyaratan yang ketat