Rupiah Jeblok, Presiden Ajak Masyarakat Beli Produk Lokal

Tuesday 25 Aug 2015, 2 : 31 pm
by

JAKARTA-Pelemahan nilai tukar rupiah yang sudah menembus angka Rp 14.000 per dollar AS sudah diluar kebiasaan. Untuk itu, Presiden Joko Widodo mengajak semua lapisan masyarakat untuk bahu membahasi mengatasinya dengan jalan membeli produk lokal.
Pada Senin (24/8), Presiden Jokowi mengundang sejumlah pengusaha ke Istana Kepresidenan, di Bogor, Jabar, untuk melakukan terobosan. “Pelemahan Rupiah sudah diluar kebiasaan. Kemarin saya ajak dunia usaha bersama pemerintah lakukan terobosan,” kata Presiden Jokowi melalui akun twitternya @Jokowi yang diunggahnya Selasa (25/8) beberapa saat lalu.
Presiden Joko Widodo mengajak semua lapisan masyarakat untuk bahu membahasi mengatasinya. “Ayo bahu membahu atasi pelemahan rupiah dengan cara beli produk lokal,” tulis Jokowi dalam akun twitternya.
Sebelumnya seusai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Jokowi yang dihadiri oleh sekitar 25 pengusaha nasional terkemuka, Menko Perekonomian Darmin Nasution memberi saran jitu dalam menghadapi gejolak pelemahan rupiah, yang kini sudah menembus angka Rp 14.000 per dollar AS.
“Sebetulnya, satu-satunya jawaban yang jitu adalah jangan ikuti iramanya tapi ambil posisi lawannya,” kata Darmin di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (24/8).
Menurut Menko Perekonomian Darmin Nasution, upaya pelemahan rupiah harus dilawan dengan cara meningkatkan pengeluaran pemerintah terutama belanja modal, karena belanja modal masih 20an persen sampai hari ini. Selain itu, mendorong investasi.
Selain mendorong investasi, baik investor asing maupun dalam negeri, Presiden juga menyampaikan akan melakukan deregulasi besar-besaran di setiap departemen. Hal ini dilakukan agar investasi bisa lebih lancar dan ekonomi bisa bergerak, tidak sekadar hanyut mengikuti perlambatan ekonomi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Korupsi Alkes di Banten Tahun 2012 Rugikan Negara Rp 46.3 M

JAKARTA-Total kerugian negara dalam proses pengadaan alat kesehatan (alkes) di

NICL Cuma Raup Laba Bersih di Semester I Senilai Rp53,88 Miliar

JAKARTA- PT PAM Mineral Tbk (NICL) pada Semester I-2022 mampu