Rupiah Tertekan Dinamika Politik Domestik

Tuesday 3 Jun 2014, 7 : 25 pm
by

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mengakui, fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dipengaruhi dinamika politik di dalam negeri. Namun secara umum, tingginya volatilitas rupiah lebih disebabkan oleh dangkalnya pasar keuangan valuta asing di dalam negeri. “Saya sependapat bahwa memang (fluktuasi) nilai tukar rupiah ada faktor perkembangan politik,” kata Gubernur BI, Agus Martowardojo di Gedung DPR Jakarta, Selasa (3/6).

Namun demikian, jelas dia, faktor yang paling mempengaruhi pergerakan rupiah adalah kondisi pasar keuangan valas yang masih dangkal. Sehingga, lanjut dia, kondisi tersebut akan mudah mempengaruhi volatilitas rupiah, jika ada risiko fundamental dan global. “Kalau bicara fundamentalnya, Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) menjadi perhatian. Dan, besarnya subsidi bahan bakar minyak BBM juga menjadi perhatian. Perkembangan ekonomi global juga menjadi perhatian, khususnya melemahnya ekonomi Tiongkok dan gejala normalisasi ekonomi di AS,” paparnya.

Baca juga :  OJK Terbitkan Daftar Efek Syariah

Agus Marto mengungkapkan, tekanan pada defisit neraca perdagangan April 2014 yang mencapai US$1,96 miliar akan menekan neraca transaksi berjalan. “Di sisi lain, juga akan memberi tekanan pada fiskal, karena porsi fiskal akan banyak tersedot untuk membayar subsidi BBM,” kata mantan Menteri Keuangan itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah seorang jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

HASTO KRISTIYANTO

PDIP Ingin Wujudkan Kedaulatan Pangan Lewat Laut Indonesia

JAKARTA-Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan Rapat Kerja

Ini Peruntukan Anggaran Pemilu 2019

JAKARTA – Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 adalah Pemilu pertama yang