RUU Desa Minimalisir Kemiskinan Desa

Thursday 4 Jul 2013, 8 : 00 pm

 JAKARTA-Pembangunan Desa harus segera dibenahi. Karena itu RUU Desa, salah satu memberdayakan masyarakat dan mengikis kemiskinan. Targetnya, setelah 2014 kesenjangan sosial akan begitu jelas terjadi. “RUU ini, akan menimalisir kemiskinan di desa jangan sampai dijadikan komoditi politik 5 tahunan,”  kata Wakil Ketua Pansus RUU Desa, Budiman Sudjatmiko di Jakarta, Kamis, (4/7).

Menurut Budiman, lahan-lahan tanah yang ada di desa kerap dikuasai negara secara tidak adil. Desa tak mendapat apa pun dari pembangunan infrastruktur. Kekayaan sumber daya alam yang juga kebetulan berada di suatu desa seperti tambang, tanah, air, dan lain-lain, tak pernah dinikmati oleh warga desa setempat. “Yang ada justru menyisakan kerusakan lingkungan dan konflik sosial yang mendera warga desa,” tambahnya.

Baca juga :  Menhub Minta Masyarakat Hindari Puncak Arus Balik Kedua pada 30 April dan 1 Mei

Lebih jauh kata Budiman, ketimpangan sosial dan kemiskinan identik dengan desa. Warga desa kerap tak pernah menikmati keberhasilan pembangunan. “Desa malah dipolitisasi setiap kali masa pemilu datang, untuk sekadar mencari simpati dan suara warga desa. Sementara kesejahteraannya sangat kurang diperhatikan,” terangnya.

Dengan RUU Desa ini, kata Budiman,  diharapkan akan muncul kelas menengah dan kemakmuran di desa. Warga desa yang selama ini jadi obyek yang dikasihani, harus diubah menjadi warga yang berdaya, baik secara ekonomi maupun sosial.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Mahfud Janjikan Penegakan Hukum Hingga Tata Pimpinan

PEKANBARU – Ribuan orang memadati Gelanggang Remaja Kota Pekanbaru, Riau

KemenkopUKM Telah Tindak Lanjuti Temuan BPK Terkait BPUM 

JAKARTA-Program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) merupakan upaya pemerintah untuk