Saham PGEO All Time High Usai RUPST Bagikan Dividen dan Ganti DIRUT

Wednesday 7 Jun 2023, 10 : 33 pm
by
Ilustrasi/PT Pertamina Geothermal Energy Tbk

JAKARTA-Saham PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) menyentuh rekor tertingginya sejak IPO pada Selasa (6/5) usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2022 yang memutuskan pembagian dividen dan pergantian direksi awal pekan ini.

Pada perdagangan Selasa 5 Juni 2023, saham PGE ditutup di harga 925 rupiah per saham.

Ini jadi rekor tertinggi atau all time high sejak listing perdana pada 24 Februari 2023.

Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama menilai sentimen jangka pendek terhadap pergerakan saham PGEO lebih dipicu pembagian dividen tersebut, kendati aksi profit taking akan terjadi, namun saham PGEO dianggap menarik untuk jangka panjang.

“Kinerja PGEO sejauh ini memang profitable dan jika melihat kenaikan harga saham biasanya investor mengakumulasi saham sebelum RUPST dengan melihat adanya pembagian dividen,” ujar Nafan di Jakarta, Selasa (6/6).

Berdasarkan prospektus IPO PGE, Perseroan akan memberikan dividen maksimal 50% dari laba bersih. Kebijakan ini berlaku untuk laba 2023 dan seterusnya.

Sementara itu, dalam RUPST yang digelar awal pekan ini, pemegang saham menyetujui pembayaran dividen sebesar $100 juta atau 78% dari laba bersih 2022.

Agenda lain yg diputuskan dalam RUPST terkait pergantian Direktur Utama dan Direktur Operasi juga dianggap mampu mendukung ekspansi ke depan.

Julfi Hadi yang didapuk sebagai Direktur Utama baru PGE menggantikan Ahmad Yuniarto sebelumnya menjabat sebagai Presiden Direktur PT Medco Cahaya Geothermal, anak usaha PT Medco Power Indonesia. Selain itu, RUPST yang digelar Senin (5/6) kemarin juga menunjuk Direktur Operasi baru, yaitu Ahmad Yani.

Nafan Aji menilai sosok Direktur Utama dan Direktur Operasi PGE tersebut memiliki komitmen dan political will yang kuat untuk terus meningkatkan strategi bisnis pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT) ke depan.

Selain itu, strategi jangka panjang dan penganggaran belanja modal juga dianggap esensial yang diperhatikan oleh investor.

Terlebih, menurut Nafan, PGE memiliki potensi besar mengingat Indonesia sebagai salah satu negara dengan kekayaan geothermal terbesar di Asia Tenggara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Menjadi Badan Publik Informatif 2019, Kementan Lakukan Penandatanganan Komitmen Bersama

JAKARTA-Sesuai dengan amanah Undang-Undang Informasi Publik Nomor 14 Tahun 2008

KAI Sukses Antarkan 848 Ribu Penumpang KA Jarak Jauh

JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat telah terdapat