Said Abdullah: BI Harus Berani Membuat Teroboson Strategis

Monday 11 May 2020, 7 : 51 pm
by
Said Abdullah
KETUA BANGGAR, SAID ABDULLAH

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) harus berani mengambil terobosan ditengah keterbatasan anggaran pemerintah menangani wabah pandemi covid-19.

Saat ini, alokasi anggaran penanganan covid-19 berikut jaringan pengaman sosial dan program pemulihan ekonomi sebesar Rp 405,1 triliun berpotensi tidak mencukupi.

“Konsekuensinya, kebutuhan pembiayaan akan semakin membesar, apalagi penerimaan dari pajak, dan sumber daya alam berpotensi mengalami penurunan sebagaimana yang telah diproyeksikan,” ujar Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR, MH Said Abdullah di Jakarta, Senin (11/5).

Karena itu, Banggar DPR RI merekomendasikan BI mengambil langkah strategis dan antisipatif.

Salah satu bentuknya, mencetak uang pada kisaran Rp 400 – 600 triliun untuk mencukupi kebutuhan pembiayaan pemerintah dan LPS serta likuiditas perbankan nasional.

“BI harus mengambil langkah berani dan memiliki terobosan (breakthrough),” tegas Said.

Politisi senior PDI Perjuangan ini mengatakan langkah tegas BI sangat diperlukan.

Sebab bila mengandalkan kebijakan konvensional, maksimal yang meredam tekanan terhadap pasar keuangan, tetapi tidak mampu menyuplai optimal kebutuhan likuiditas.

Menurutnya, hasil cetak uang dapat dijadikan alternatif pembiayaan yang dibutuhkan oleh pemerintah dari global bond.

“Bukankah dengan hasil cetak uang dapat ditawarkan ke perbankan, pemerintah dan LPS dengan yield yang lebih rendah daripada global bond. Saya merekomendasikan yield pada kisaran 2-2,5%. Melalui kebijakan ini, pemerintah akan memiliki beban bunga yang lebih rendah,” terangnya.

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Perkonomian ini mengaku kebijakan mencetak uang tentu berakibat pada peningkatan inflasi.

Namun dapat dimitigasi dengan berbagai instrument pengendalian yang wewenangnya dimiliki BI.

Misalnya melalui BI Rate dan kewenangan penetapan Giro Wajib Minimum (GWM).

Langkah terobosan ini sebagai bentuk sharing pain BI terhadap situasi krisis ini.

“Jadi BI tidak semata mata menikmati untung akibat selisih kurs dan bunga pinjaman. Tetapi sama sama ikut merasakan situasi krisis yang dihadapi oleh segenap rakyat,” jelasnya.

Said mengungkapkan, rekomendasi Banggar atas langkah terobosan itu didasari oleh langkag pemerintah yang telah mengusulkan perubahan APBN 2020 kepada DPR.

Dalam desain makro APBN tahun 2020, komposisinya pendapatan negara dipatok turun, semula Rp. 2.233,2 triliun menjadi Rp. 1.760,9 triliun, dan belanja negara naik, semula Rp. 2.540,4 triliun menjadi Rp. 2.613,8 triliun.

Perubahan ini berkonsekuensi pada melebarnya angka defisit APBN.

Semula defisit APBN dipatok pada kisaran Rp. 307,2 triliun (1,76%) menjadi Rp. 853 triliun (5,07%).

Untuk menjalankan desain APBN tahun 2020 ini pemerintah dan otoritas keuangan akan menghadapi tantangan yang tidak mudah.

Pemerintah harus bisa memenuhi kebutuhan pembiayaan dengan mengandalkan dari Surat Berharga Negara (SBN) sebesar sebesar Rp. 654,5 triliun.

Langkah ini harus ditempuh pemerintah untuk menambal defisit APBN yang meningkat menjadi 5,07%. Akibat sedikitnya ruang fiskal pemerintah inilah utang jadi pilihan.

Tidak banyak yang bisa dikerjakan pemerintah dalam “utak atik” APBN.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ini Firasat Suci Fitri Rohmah, Kekasih Yodi Prabowo

TANGERANG-Suci Fitri Rohmah (24), kekasih Yodi Prabowo editor Metro TV,
SAHAM

Minimnya Sentimen Positif

JAKARTA-Nilai tukar rupiah pada perdagangan Selasa (19/3) diperkirakan kembali melemah