Said Abdullah: Butuh Pertumbuhan Ekonomi 6-7% Menuju High Income Country di 2045

Monday 8 Jul 2024, 4 : 15 pm
Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah berbincang dengan Menkeu Sri Mulyani Indrawati

JAKARTA -Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia selama 10 tahun terakhir tak akan bisa membuat Indonesia menjadi negara maju pada 2045 atau lepas dari jebakan negara berpendapatan menengah (middle income trap).

Menurutnya, dibutuhkan pertumbuhan ekonomi 6 – 7 persen tiap tahun untuk menuju High Income Country di 2045.

Pernyataan ini, disampaikan Said Abdullah saat rapat kerja dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Rapat ini terkait dengan Pembahasan Laporan Realisasi Semester I dan Prognosis Semester II Pelaksanaan APBN TA 2024.

“Capaian pertumbuhan lima persenan selama 1 dekade ini belum cukup menjadi titian tangga untuk menuju high income country di 2045,”  kata Said  di Ruang Rapat Banggar DPR, Jakarta, Senin (8/7/2024).

Baca juga :  BI, Kemnaker dan BNSP Teken MoU Penguatan Kompetensi Pelaku SPPUR

Ia pun mengingatkan, supaya bisa terlepas dari middle income trap dan menjadi negara maju sesuai Visi Indonesia Emas 2045, pertumbuhan ekonomi rata-rata tiap tahun sebesar 6%-7%. Oleh sebab itu, ia pun mengingatkan pemerintah untuk terus memperbaiki pengelolaan anggaran ke depan secara baik untuk terus mendukung laju pertumbuhan.

“Realisasi pertumbuhan ekonomi triwulan 1 2024 mencapai 5,1%.  IMF memproyeksikan pertumbuhan ekonomi hingga akhir tahun mencapai 5%.  Capaian ini patut kita syukuri. Sebab bangsa yang tidak bersyukur berarti kufur nikmat. Namun sebagai cermin diri, capaian pertumbuhan lima persenan selama 1 dekade ini belum cukup menjadi titian tangga untuk menuju high income country di 2045,” ucap politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Carol Aji

Adalah wartawan senior di Indonesia dengan segudang karya jurnalisnya yang memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Bank Permata Pimpin Kredit Sindikasi ke AFI Rp 300 Miliar

JAKARTA- Bank Permata menjadi pemimpin sindikasi kredit untuk PT Andalan

Fraksi PPP dan Nasdem Sepakat Potong Gaji Bantu Penanganan COVID-19

JAKARTA-Ramai-ramai anggota DPR mengusulkan pemotongan gaji demi membantu meringankan beban