Said Abdullah: Revisi UU KPK Demi Meluruskan Kiblat Sesuai Konstitusi

Monday 12 Oct 2015, 6 : 34 pm
by
Said Abdullah
KETUA BANGGAR, SAID ABDULLAH

Situasi ini ujarnya membuat KPK tidak lagi berperilaku seperti lembaga negara tetapi seperti LSM yang sibuk beradvokasi dan memusuhi seluruh elemen di luar dirinya.

Orientasi yang tak jelas ini memberi ruang bagi orang-per orang di KPK untuk membangun kekuatan personal. Hal ini terlihat pada masa Abraham Samad. Status tersangka bisa berumur 2 tahun sebelum diajukan ke muka sidang. Pemaksaan vonis mulai menimbulkan dissenting opinion di kalangan hakim.

“Penegakan hukum diduga dengan cara-cara yang melanggar hukum. Tersangka dulu bukti belakangan,” ujar Anggota Komisi XI DPR ini.

Akibatnya, penegakan hukum menjadi alat “politik”. KPK tidak saja berperan sabagai ‘Tuhan’ tapi juga menjadi selebritis yang menyedot energi publik, menaikkan rating, oplah dan traffic. Dokumen-dokumen rahasia KPK beredar di media massa dan masyarakat.

Untuk itu sarannya, mekanisme kerja KPK perlu dibenahi agar  tidak seperti pemadam kebakaran selamanya. Fokus kerja KPK harus jelas agar dapat bekerja efektif.  Termasuk dalam hal ini bagaiamana  memastikan prosedur penegakan hukum berjalan dengan  prudent dan tidak menabrak prinsip-prinsip dasar hukum.

“Bagaimana agar langkah-langkah KPK  tidak memberikan dampak buruk pada kinerja pembangunan. Bagaimana membangun kultur anti korupsi secara fundamental. Bagaimana membuat sistem  kredibel dan akuntabel,” tuturnya.

Semangat dan niat perubahan seperti itulah yang sedang diupayakan PDI Perjuangan walau dengan resiko menghadapi opini publik  dianggap seakan memusuhi KPK. “Perubahan memang butuh kemauan dan kemampuan yang kadang beresiko menyakiti diri sendiri,” pungkas politisi asal Sumenep, Madura Jatim ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Terus Merugi, Defisit MBTO Per 30 Juni 2023 Bengkak Jadi Rp301,75 Miliar

JAKARTA-PT Martina Berto Tbk (MBTO) selama enam bulan pertama tahun

Wanita Bekasi Kreatif Kunjungi Situ Rawa Gede Kota Bekasi

BEKASI-Komunitas Wanita Bekasi Keren (WBK) berkunjung ke Situ Rawa Gede,