Said Janjikan Kesejahteraan Modin

SUMENEP-Petugas Pembantu Pencatat Nikah (P3N) atau modin se-kabupaten Sumenep meminta komitmen calon gubernur Jatim untuk memperhatikan kesejahteraan mereka.

Ketua Forum P3N Kabupaten Sumenep, Sudarsono mengatakan, selama ini tidak pernah ada legitimasi atau perangkat hukum yang kuat terhadap P3N. Persoalan yang seringkali dialami P3N adalah minimnya perhatian dari pemerintah.

” Selama ini kami sudah mengabdi hingga puluhan tahun. Namun, nyaris tidak pernah ada perhatian pemerintah kepada kami,” ujar Sudarsono, Selasa (13/8).

Sudarsono meminta siapapun yang terpilih nantinya, mampu memperjuangkan nasib P3N. Caranya adalah berkoordinasi dengan Kementrian Agama.

Keberadaan P3N, memang menjadi tanggungan dari Kementrian Agama. Mereka yang diangkat menjadi P3N akan disahkan melalui Surat Keputusan (SK) Kementrian Agama, termasuk hak dan kewajibannya. Tapi pada kenyataannya, seringkali hal itu terabaikan.

Menanggapi persoalan P3N, Said Abdullah, calon wakil gubernur Jatim berjanji akan membuat kesetaraan bagi para P3N, terutama soal kesejahteraan.

Jika terpilih, Said akan mengkaji keberadaan Perda tentang P3N. Perda ini nantinya diharapkan mampu melindungi hak dan kewajiban P3N.

” Sementara ini, nasib modin atau P3N ┬ámasih sering diabaikan oleh negara. Kementrian Agama sendiri lebih memilih memenuhi gaji guru daripada hak modin,” pungkas Said

Baca :  Cawagub Said Sosialisasi Kartu Jempol ke Kantong Nahdliyin