Said: Sosok Taufik Kiemas Tak Tergantikan

Taufik Kiemas

SURABAYA-Sosok almarhum Taufik Kiemas tidak akan tergantikan dalam dunia perpolitikan nasional. Selain seorang politisi dan tokoh penting yang memiliki warna perjuangan yang jelas, politisi senior PDI Perjuangan ini juga berperan aktif dalam menumbuhkan demokrasi di Indonesia.

“Banyak yang bisa kita ambil dari rekam jejak atau perjalanan hidup bang Taufik Kiemas. Dia seorang aktifitis, pengagum Bung Karno dan dari keluarga Masyumi. Jadi, beliau seorang aktifis yang bertransformasi menjadi politisi,” ujar Said Abdullah di Surabaya Senin (10/6).

Seperti diketahui, Taufik Kiemas meninggal dunia di Singapura, Sabtu, 8 Juni 2013 pada sekitar jam 19.00.  

Menurut Said, Taufik Kiemas juga serorang negarawan dan tokoh bangsa yang aktif memperjuangkan keutuhann Indonesia lewat Empat Pilar Kebangsaan yang selama ini menjadi perhatiannya.

Baca :  PDI Perjuangan Usung Duet Bambang-Said di Pilgub Jatim 2013

“Jadi pelajaran yang saya petik dari tokoh yang bisa disapa bang TK adalah aktifis yang berbasis integritas dan bertransformasi menjadi politisi berkompeten. Itu yang tidak instans perjalanan politik bang TK,” ujar Said yang juga Calon Wakil Gubernur Jawa Timur ini.

Sejak di PDI Perjuangan kata dia, kehadiran bang TK semakin memperkuat posisi Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Kombinasi kedua tokoh sentral PDI Perjuangan ini membuat partai moncong putih semakin solid.

Salah satu sumbangsih penting TK bagi republic ini kata Said adalah kepiawaiannya membuka sekat perbedaan diantara anak bangsa. “Bang TK lah yang berperan mencairkan kebekuan hubungan antara politisi di Indonesia ,” jelas dia.

Baca :  Said Abdullah Minta Bawaslu Profesional

Bang TK ini ujar Said seorang pejuang kemajemukan di Indonesia. Bahkan, TK bisa bergaul dengan semua golongan, dari masyarakat lapisan bawah sampai atas.

Dia juga bisa bergaul dengan pimpinan parpol lainnya.

“Bang TK juga menjadi jembatan yang potensial mencairkan kebekuan hubungan antara ibu Mega dan SBY. Peran-peran itu benar-benar dimainkan bang TK sehingga lamban laun, hubungan kedua tokoh ini mencair,” ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan TK memberi warna bagi panggung politik nasional dengan aliansi kebangsaan yang digagasnya. Dan salah satu karya spektakuler TK adalah 4 pilar kebangsaan.

“Dia tidak pernah lelah membumikan nilai-nilai konstitusi,” jelas dia.