Salah Satu Tugas TNI-Polri Adalah Menyampaikan Informasi Yang Benar

Friday 31 Aug 2018, 6 : 24 pm
by

Oleh: Inas N Zubir

Oposisi mengatakan bahwa Presiden dalam pidato kenegaraan tanggal 16 Agustus 2018, yakni meminta TNI/POLRI menyampaikan capaian pembangungan oleh Pemerintah kepada masyarakat adalah melanggar konstitusi. Padahal sebaliknya, bahwa TNI/POLRI wajib memberikan informasi yang benar tentang capaian pembangunan Pemerintah agar tercipta kondusifitas ditengah masyarakat.

Sayangnya oposisi lebih banyak berhalusinasi dengan cerita-cerita fiksi ala Rocky Gerung yang menyebabkan mereka kejang-kejang mirip epilepsi ketika mendengar pidato Presiden tersebut, lalu langsung buru-buru ingin berejakulasi dengan meminta parlemen untuk mengimpeach Presiden karena melanggar konstitusi.

Isi dari pasal 30 ayat 2 UUD 1945:

“Usaha pertahanan dan keamanan Negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan kemanan rakyat semesta oleh TNI dan POLRI sebagai kekuatan utama, dan rakyat sebagai kekuatan pendukung”

Makna yang terkandung adalah usaha pertahanan keamanan negara dilakukan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta dengan TNI dan POLRI sebagai kekuatan paling besar yang bertugas untuk menjadi keamanan dan ketertiban masyarakat.

Tugas TNI/POLRI:
Membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan, menangani kriminalitas, memelihara keamanan dan pertahanan dalam negeri sesuai masing-masing fungsinya.

Tugas rakyat:
Sedangkan tugas adalah dengan tidak melakukan hal-hal yang dapat menghambat atau memberi ancaman pada keamanan NKRI contohnya dengan tidak melakukan aksi terorisme, tidak melakukan kekerasan yang berbau SARA , merusak lingkungan atau tidak membuat gerakan sparatis guna menciptakan negara baru.

Memberikan informasi yang benar tentang pembangunan yang telah dicapai Pemerintahan adalah salah satu cara untuk menjaga ketertiban masyarakat dari ancaman orang-orang yang berupaya memecah belah persatuan dan kesatuan Indonesia dengan informasi yang menyesatkan.

Penulis adalah Anggota DPR/MPR-RI

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Mirae Asset Incar Aset Reksa Dana Rp1,5 Triliun

JAKARTA-PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia (MASI) meyakini, industri pengelolaan reksa
Pajak

Said: Megawati Simbol Ideologi Partai

JAKARTA-Figur Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri sangat kuat