Salurkan KUR Rp 550 Miliar, BRI Gaet 26 Anak Pedagang Palembang

PALEMBANG-PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menggaet 26 anak pedagang guna membantu mempercepat untuk penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Porsi KUR di BRI Kanwil Palembang sebesar Rp 550 miliar. “Sampai November lalu, kami sudah merealisasikan penyaluran kredit mencapai Rp 434 miliar. Dengan ditambahnya tenaga pemasaran, maka target Rp 550 miliar dapat tercapai,” ujar ‪Pimpinan Wilayah BRI Palembang, Erdianto Sigit di Palembang Kamis (3/12).

Dia mengatakan, beberapa waktu lalu BRI Palembang melaunching kegiatan menggandeng putra-putri pedagang mikro, untuk membantu penyaluran kredit. Diharapkan putra-putri pedagang ini, dapat merealisasikan penyaluran kredit sesuai dengan target. “Jadi, selain petugas pemasaran BRI, untuk penyaluran KUR, kita sudah menerima 26 putra putri dari anak pedagang yang ada di pasar untuk meningkatkan penyaluran KUR,” tegasnya.

Erdianto menjelaskan, putra-putri yang sudah terpilih, akan diberi pembekalan dengan seminar mengenai KUR Mikro. Dimana, pembekalan yang diberikan, akan menjadikan mereka menjadi tenaga pemasaran yang profesional.

Jika memang kedepanya ke 26 anak pedagang ini berhasil sebagai tenaga pemasar maka berkesempatan menjadi calon pekerja BRI.‬ “Jadi, seluruh anak-anak pedagang ini, berkesempatan menjadi pegawai tetap BRI,” imbuhnya.

Program menggandeng putra-putri pedagang ini, ungkap Erdianto, dilakukan untuk mempercepat penyaluran KUR. Pasalnya, BRI mempunyai porsi paling besar dalam hal penyaluran KUR, sebesar Rp 21 triliun secara nasional, sedangkan di BRI Kanwil Palembang sebesar Rp 550 miliar.

KUR diberikan kepada usaha mikro, kecil dan koperasi yang memiliki usaha produktif. Dengan minimal usaha sudah lebih dari satu tahun. Untuk bunga KUR hanya 12 persen pertahun dengan tenor hingga lima tahun. “Untuk KUR diberikan modal bagi pedagang sebesar Rp 25 juta untuk mikro atau bisa disesuaikan dengan besaran nilai usahanya‬,” tandasnya. (Irwan Wahyudi).