Santri Diminta Ikut Kawal Penyaluran Dana Desa

Sunday 27 Mar 2016, 8 : 56 pm
by
Mentri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar dalam acara pengajian di pesantren Asrama Pendidikan Islam Tegalrejo mengajak para Santri ikut bangun Desa

JAWA TENGAH-Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendesa PDTT) Marwan Jafar mengajak seluruh masyarakat terutama kalangan santri dapat mengawal penyaluran dana desa yang akan dikucurkan sekitar Rp 700 juta hingga Rp 800 juta tahun ini. Hal itu disampaikannya saat menghadiri pengajian bertajuk ‘Tegal Rejo Bersholawat’ yang diisi oleh Habib Syech dari Solo di pesantren Asrama Pendidikan Islam Tegalrejo, Magelang, Jawa tengah.

Menurutnya, pengawasan dana desa oleh masyarakat dan para santri bertujuan agar dana desa dapat digunakan sebagaimana mestinya. “Para santri dapat ikut berpartisipasi dan menyukseskan dalam pembangunan desa,” kata Menteri Marwan, Minggu (27/3).

Dia mengatakan, pada tahun 2015 setiap desa baru mendapatkan Rp 300 juta. Untuk tahun 2016, setiap desa akan mendapat dana desa Rp 700 sampai 800 juta yang akan turun dalam dua tahap. “Tahap pertama 60 persen dan tahap dua 40 persen,” ujarnya.

Marwan berharap, dana desa diprioritaskan pada infrastruktur dasar seperti pembangunan dan perbaikan jalan desa, jembatan, talud, irigasi, dan sejenisnya. Prioritas ketiga adalah untuk meningkatkan kapasitas ekonomi, misalnya untuk BUMDes, koperasi desa, toko atau pasar desa. “Setelah infrastruktur bagus, maka prioritas kedua diperuntukkan membuat sarana prasarana dasar desa seperti pembangunan Paud, posyandu,” terangnya.

Dalam acara tersebut Menteri Marwan juga memberikan tantangan kepada santri yang hadir untuk mengikuti Lomba Membaca Kitab Ihya Ulumudin karangan Imam Al-Ghazali yang diselenggarakan oleh DPP PKB pada 7-25 April mendatang. Dengan hadiah utama berupa ibadah umroh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Harga CPO dan Kurs Dolar Penyebab Meningkatnya HIP BBN

JAKARTA-Besaran Harga Indeks Pasar (HIP) Bahan Bakar Nabati (BBN) pada

FAPP: Informasi HTI Menangkan Gugatan Atas Kemenhukham Berita Hoax

JAKARTA-Forum Advokat Pengawal Pancasila (FAPP) meminta masyarakat agar tidak boleh