Segera Temukan Aktor Utama Centurygate

Monday 25 Nov 2013, 9 : 35 pm

SURABAYA-Sekjen Partai NasDem Patrice Rio Capella mendesak  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk segera menemukan actor utama dalam kasus bailout Bank Century yang merugikan negara Rp 6,7 Triliun. Dengan demikian, akan membuka tabir gelap dongeng Century.

 Sejauh ini KPK baru mampu menetapkan satu tersangka, yaitu Budi Mulya, Deputi V Bidang Pengawasan Bank Indonesia. Pemeriksaan Jusuf Kalla dan Wakil Presiden Boediono menjadi kado yang seharusnya berguna bagi penuntasan kasus tersebut. “Ada bagian yang masih gelap dalam kasus ini. KPK harus mampu memberi kejelasan mengenai pembengkakan dana talangan,” tegas Patrice Rio Capella, Senin (25/11).

Menurutnya, hasil pemerikasaan KPK sejauh ini sedikit membuka tabir gelap dongeng Century. “Saya rasa, adanya aliran dana sebesar 6 triliun rupiah tanpa diketahui petinggi negara adalah mustahil. Beberapa pihak bisa saja terlibat dalam dongeng ini dan ini menjadi tantangan yang sangat rumit bagi KPK,” ujar Patrice mengomentari hasil pemeriksaan Wakil Presiden Boediono.

Caleg Partai NasDem Dapil Bengkulu ini menekankan pentingnya mengungkap siapa sesungguhnya aktor utama di balik keputusan penggelontoran dana Rp. 6 triliun  tersebut.

Menanggapi pemeriksaan yang sudah dilakukan KPK, Patrice Rio beranggapan langkah selanjutnya adalah pertemukan Boediono, Sri Mulyani, dan Jusuf Kalla secara bersamaan. Konfrontir keterangan mereka. “Pemeriksaan tidak bisa cuma dilakukan satu kali,” tutur dia.

Sehubungan  tokoh-tokoh yang dianggap memegang peran kunci telah diperiksa, Patrice menilai, Idealnya kasus ini bisa selesai sebelum pemilihan presiden bulan Juli 2014. Yang dibutuhkan KPK sekarang adalah aksi. “Hingga menjelang Pemilu 2014, Kasus Century masih menjadi persoalan yang belum mampu diselesaikan pemerintahan SBY. Jika belum selesai juga setelah pilpres, semoga pemerintah selanjutnya dapat menyelesaikan kasus yang rumit ini.” tutup Patrice.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Gaji PNS Naik, Terendah Rp 1,486 Juta,Tertinggi Rp 5,620 Juta

JAKARTA-Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun

Atikoh Ganjar Blusukan di Kemayoran, Bikin Warga Heboh Ikut Senam Bareng

JAKARTA-Warga Harapan Mulya, Kemayoran, Jakarta Pusat heboh saat Siti Atikoh