Sekitar 10 Bandara Jadi Incaran Investor Asing

Wednesday 16 Apr 2014, 6 : 27 pm
Kemenhub.go.id

JAKARTA-Bandara-bandara di Indonesia tampaknya menjadi target bagi investor asing. Masalahnya pertumbuhan bisnis industri penerbangan sangat significant di Indonesia. Setidaknya ada tujuh negara yang berminat kerjasama dengan pemerintah terkait pengelolaan bandara di Indonesia. “Investor asing yang berminat itu, Korea, Australia, Malaysia, Singapura, Selandia Baru, Uni Emirat Arab dan Jepang,” kata Kepala Sub Direktorat Penyelenggaraan Bandar Udara Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub, Budi Prasetyo, di  Jakarta, Rabu (16/4/2014)

Menurut Budi, pihaknya sudah menyampaikan rencana ini kepada 35 institusi dalam sebuah forum. Saat ini, lanjutnya, pada tahap awal, ada 3 dari 10 bandara yang siap dilepaskan ke investor pada akhir 2014. Ketiga bandara tersebut adalah Komodo di Labuan Bajo, Hanandjoeddin di Tanjung Pandan, dan Mutiara di Palu.

Investor yang serius menyatakan minatnya untuk ketiga bandara tersebut, antara lain: PT Garuda Indonesia Airlines Tbk (GIAA) untuk Bandara Komodo serta PT Angkasa Pura II (Persero) dan Group Bakrie untuk Bandara Hanandjoeddin. “Dari 10 bandara ada 3 yang jadi prioritas masuk KPS (Kerjasama Pemerintah Swasta). Tiga bandara itu Labuhan Bajo, Mutiara Palu, Lampung,” pungkasnya.

Sementara sepuluh bandara yang dilirik asing itu, antara lain, Raden Intan II Lampung, Mutiara Palu, Sultan Babullah Ternate, Komodo Labuhan Bajo, Sentani Jayapura, Tjilik Riwut Palangkaraya. Juwata Tarakan, Fatmawati Bengkulu, Hananjoeddin Tanjung Pandan, dan Matahora Wakatobi. **cea

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Respons Usulan Kementerian BUMN, Sejumlah Ekonom Nilai BBTN Layak Terima PMN

Sukses Incar Dana Murah, DPK BBTN Naik 41% Jadi Rp289,46 Triliun

JAKARTA-Hingga akhir April 2021, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk

Elektabilitas Meroket, PAN Lirik Gus Ipul

JAKARTA-Merajainya elektabilitas Saifullah Yusuf dalam berbagai survey membuat Partai Amanat