Selain Ijazah, Loyal dan Komitmen Merupakan Modal Meraih Sukses

Saturday 19 Jul 2014, 1 : 35 am
by

SURABAYA-Sekretaris Daerah Provinsi Jatim H. Akhmad Sukardimenegaskan Untuk meraih kesuksesan  dalam berkarier seseorang tidak cukup hanya bermolkan Ijazah saja, tetapi harus lebih dari itu. Karena bila hanya bermodalkan kecerdasan atau kepandaian saja belum tentu orang tersebut bisa sukses atau berhasil.  “Jadi, selain ijazah modal yang dibutuhkan untuk meraih adalah loyalitas, menguasai masalah dan komitmen,” ujar Sukardi, saat memberikan pengarahan pada acara penutupan Diklatpim III Angkatan I pemprov. Jatim tahun 2014, di Diklat Prop. Jatim Jl. Balongsari Tama Surabaya, Jum’at (18/7).

Menurut Sukardi, kalau hanya pandai atau cerdas saja tidak cukup, kalau orang tersebut tidak memiliki dedikasi, komitmen dan loyalitas pada pimpinan. Karena, untuk menjadi seorang pimpinan itu dibutuhkan orang yang benar- benar mampu dan bisa menyelesaikan masalah bukan malah mencari masalah atau menjadi masalah. “ Kalau seseorang loyalitasnya tinggi, maka orang tersebut otomatis tidak akan berbuat curang atau culas. Mengapa, karena dia tahu dan mengerti bila berbuat curang atau culas maka akan menjadi masalah dan diapun akan mendapat masalah,” jelasnya.

Untuk itu, lanjutnya, para alumnus Diklatpim III Angkatan I yang dinyatakan lulus semua bahkan ada yang mendapat predikat sangat memuaskan, memuaskan dan baik ini tidak menjadi jaminan untuk membuka jalan menuju ke Eselon yang lebih tinggi. Yakni eselon II kalau yang bersangkutan tidak bisa merubah sikap atau perilaku dari sebelumnya, kalau tadinya kurang baik harus bisa menjadi dan bila tadinya sudah baik harus bisa menaikkan lagi yaitu bertambah baik.

Contohlah seekor kupu- kupu. Hewan ini tadinya adalah seekor ulat yang gatal bila dipegang, tetapi setelah dia berpuasa sampai dia menjadi kepompong dan akhirnya dia bisa menjadi kupu- kupu yang cantik dan semua orang senang serta bila ditangkap atau dipegang tidak gatal lagi. Hal itu hampir sama dengan mengikuti peserta Diklatpim ini,  karena dalam mengikuti pendidikan maka semua peserta harus mengikuti aturan yang diterapkan disini dan aturan tersebut harus diikuti hingga pendidikan selesai. Tujuan apa/ tidak lain adalah supaya para peserta bisa merubah sikap dan perilaku yang tadinya jelek menjadi baik dan yang baik bisa menjadi lebih baik lagi.

Sebelum mengakhiri sambutannya, sekdaprov. mengaharapkan,  semua peserta Diklat yang telah menyelesaikan pendidikannya ini bisa kembali ke SKPD masing- masing dengan memverikan inovasi baru dan meningkatkan dedikasinya sebagai Abdi Negara. (LITA)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Industri Pengolahan Jadi Andalan Ekspor Nasional

JAKARTA-Industri pengolahan masih konsisten memberikan kontribusi paling besar terhadap capaian

Sartono: THR dan Gaji 13 Mestinya Diberi Saat Ekonomi Tumbuh

JAKARTA-Kalangan DPR menilai kebijakan pemerintah memberikan kenaikan THR dan gaji