Semester I-2013: Ekspor ke Pasar Tradisional Masih Dominan

Jumat 2 Agu 2013, 5 : 49 pm
by

JAKARTA- Negara Jepang, China dan Singapura masih menjadi pasar tujuan ekspor terbesar Indonesia.  Pada semester I tahun 2013, nilai ekspor ke Jepang sebesar USD 14,1 miliar, China sebesar  USD 10,8 miliar; dan Singapura sebesar USD 8,4 miliar. Posisi selanjutnya ditempati oleh Amerika Serikat (USD 7,7miliar), India (USD 6,8 miliar), Korea Selatan (USD 5,8 miliar), Malaysia (USD 5,3 miliar), Thailand (USD 3,2 miliar), Taiwan (USD 2,8 miliar), serta Belanda (USD 2 miliar). “Sepuluh pasar ekspor utama tersebut berkontribusi sebesar 73,6% dari total ekspor Indonesia,”terang Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan pada acara konferensi  di Jakarta, Jum’at (2/8).

Sementara itu, ekspor ke beberapa negara yang nilainya mengalami kenaikan yang signifikan adalah India dengan kenaikan mencapai USD 720,2 juta. Disusul urutan berikutnya yaitu Amerika Serikat, Myanmar, Filipina, Rusia, Turki, Nigeria, Singapura, Italia, dan Algeria yang mengalami kenaikan antara USD 42,2 juta sampai dengan USD 215 juta.

Beberapa produk manufaktur memberikan kontribusi peningkatan ekspor yang signifikan, antara lain kapal laut meningkat USD 542,8 juta atau naik 294,9% dari periode yang sama tahun sebelumnya, produk alas kaki ekspornya meningkat sebesar USD 176,8 juta (naik 9,9%), dan ekspor pakaian jadi naik sebesar USD 74,9 juta (naik 3,9%). Selanjutnya, Mendag mengakui bahwa pada bulan Juni 2013, neraca perdagangan Indonesia mengalami defisit sebesar USD 846,6 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pertamina EP Field Jambi Segera Tangani Lumpur di Muaro Jambi

JAKARTA-PT Pertamina EP Field Jambi langsung melakukan penanganan aktifitas semburan

Dengan e-Filing, Walikota Tasikmalaya Lapor SPT Tahunan PPh

TASIKMALAYA – Walikota Tasikmalaya, Budi Budiman dan  Wakil Walikota, Dede Sudrajat,