Seskab Minta Menteri Cegah Kebijakan Yang Kontroversi

JAKARTA-Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam mengirimkan Surat Edaran Nomor SE-05/Seskab/IV/2014 kepada para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, dan para Pimpinan Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) perihal mencegah kebijakan yang berpotensi  menimbulkan kontroversi.  SE ini menindaklanjuti  arahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam Rapat Terbatas pada (5/1) dan Sidang Kabinet Paripurna (16/1).

Seskab meminta para menteri dan pimpinan lembaga pemerintah untuk berperan aktif menjaga suasana yang kondusif dalam kehidupan masyarakat di bidang sosial, politik, ekonomi dan keamanan selama masa menjelang dan berlangsungnya Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres). “Para Menteri dan pimpinan Lembaga Pemerintah untuk tidak lagi mengambil kebijakan, keputusan, atau program yang memiliki implikasi luas selama masa menjelang dan berlangsungnya Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden sampai dengan menjelang masa bakti pemerintahan,” kata Seskab dalam konperensi pers di kantor Sekretariat Kabinet, seperti yang dikutip dari laman seskab.go. id di Jakarta, Rabu (23/4).

Hal itu kata Dipo perlu dilakukan guna menghindari terganggunya stabilitas kehidupan ekonomi, sosial, politik, dan keamanan kecuali dilaporkan kepada Presiden dan Wakil Presiden.

Sementara itu,  terkait kebijakan yang sudah terlanjur ditempuh dan berpotensi menimbulkan perbedaan pandangan/kontroversi di masyarakat, Seskab meminta, para Menteri dan Pimpinan Lembaga Pemerintah terkait perlu segera memberikan penjelasan secara intensif kepada masyarakat, sehingga perbedaan pandangan tersebut tidak berkembang secara luas yang dapat mengganggu stabilitas kehidupan ekonomi, sosial, politik, dan keamanan. “Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih,” bunyi akhir Surat Edaran Nomor: SE-05/Seskab/IV/2014 yang tembusannya dikirimkan kepada Presiden dan Wakil Presiden RI itu.

 

Baca :  1.109 Anak Yatim & Dhuafa Ikuti Buka Bersama IKA ITS