Setya Novanto Sangat Licik

Friday 11 Dec 2015, 3 : 26 pm
by
Demonstrasi mendesak pencopotan Ketua DPR, Setya Novanto photo/dok metrotvnews.com

JAKARTA-Upaya Kejaksaan Agung (Kejagung) menyeret Ketua DPR Setya Novanto terkait skandal “papamintasaham” ke meja pengadilan bakalan terbentur tembok tebal. Pasalnya, politisi senior Golkar ini terkenal sangat licik. Terbukti, beberapa kasus hukum yang melibatkan namanya justru tidak jelas juntrunganya. Kita tau Setya Novanto bukan orang sembarangan, sederet kasus pernah menyeret namanya namun tidak satu kasuspun yang membawa Setya pada status tersangka,” ujar Direktur Eksekutif Energy Watch Indonesia (EWI), Ferdinand Hutahaen di Jakarta, Jumat (11/12).

Dia menilai, Setya Novanto ini dikenal sangat licik. Dikalangan lembaga penegak hukum, Setnov memiliki pengaruh yang sangat kuat. Terbukti, dia selalu lolos dari beberapa kasus hukum. “Jadi kalau bicara yakin tidak yakin, kita memang sangat ragu terhadap Kejagung meski presiden sudah tegas sikapnya,” tuturnya.

Keraguan Ferdinand bertambah besar mengingat latar belakang Jaksa Agung berasal dari partai politik. “Kita meragukan loyalitas Jaksa Agung terhadap presiden,”imbuhnya.

Selain berasal dari parpol, Ferdinan juga menduga Kejagung juga sudah masuk angin. Karenanya, ucapan Kejagung tak lebih hanya sekedar “lips service” saja guna menyenangkan public. “Kalau bicara yakin nggak yakin, memang penindakan hokum atas skandal Freeport ini sangat lemah sekali. Kita tau Setya Novanto bukan orang sembarangan, sederet kasus pernah menyeret namanya namun tidak satu kasuspun yang membawa Setya pada status tersangka,” tegasnya.

Kendati demikian, dia berharap public tidak boleh berdiam diri dengan kasus skandal ini. Publik harus aktif mengawal Kejagung agar bekerja profesional dan tidak terpengaruh apapun. “Disini peran masyarakat dan media sangat dibutuhkan untuk menjadi pressure supaya skandal ini tidak ditelikung,” pintanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pemerintah Diminta Tolak Perpanjangan Operasi Tambang Freeport

JAKARTA-Direktur Indonesian Resources Studies (IRESS) Marwan Batubara meminta Pemerintah RI

Jasa Marga Raih Predikat Juara 1, Kategori Perusahaan Go Publik Non Keuangan di Ajang ARA2022

JAKARTA-PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) berhasil meraih Predikat Juara 1 Kategori