Sirmadji: Ketimpangan Sosial di Jatim Makin Melebar

Wednesday 29 May 2013, 5 : 46 pm
by
Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, Sirmadji Tjondropragolo

SURABAYA-Pertumbuhan ekonomi Jawa Timur ternyata tidak berkualiatas karena memberi kontribusi semakin melebarnya ketimpangan social. Hal tersebut tampak dari makin meningkatnya gini rasio di Jawa Timur yang berada pada posisi 0,38.

“Ketika rejim Soekarwo berkuasa, angka ketimpangan 0,33. Tetapi, saat ini, angka ketimpangan berada diposisi 0,38.  Ini artinya, pertumbuhan ekonomi ini tidak bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur,” ujar Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Sirmadji Tjondropragolo, di Surabaya, Rabu (29/5).

Dia mengaku, pemerintah Jawa Timur sukses mengawal pertumbuhan ekonomi. Bahkan jika dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional, angka pertumbuhan ekonomi Jawa Timur masih lebih tinggi. Jika pertumbuhan ekonomi nasional tumbuh 6,2 persen maka propinsi Jatim sukses mencatat angka pertumbuhan 7,24 persen.

“Akan tetapi pertumbuhan ekonomi di Jatim ini justru daya  merugikan masyarakatnya  lebih dasyat dibandingkan jaman orde baru,” tutur dia.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur menyebutkan, kinerja perekonomian Jawa Timur sepanjang triwulan I/2013, angka pertumbuhan ekonomi Jatim tercatat mencapai 6,62%. Angka ini lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional triwulan I-2013 sebesar 6,2 persen.

Dia menilai, pertumbuhan ekonomi tinggi yang dibanggakan pemerintahan  Jawa Timur hanya sukses menambah kemiskinan baru. “Ketika jaman gonjang-ganjing krisis, timbul huru-hara, angka ketimpangan hanya 0,36. Demikian juga saat jaman orde baru angkanya juga di 0,36. Tetapi sekarang ini sudah 0,38,” jelas dia.

Angka ketimpangan social di Jawa Timur ini berbeda sedikit dengan angka ketimpangan nasional 0,41. Dan lebih parah dan ini tertinggi sejak Negara Indonesia merdeka.  

“Dipusat siapa yang berkuasa? Di Jatim siapa yang berkuasa? Partai Demokrat kan? Jadi, sukses pemerintahan Karsa ini menciptakan pertumbuhan sekaligus ketimpangan,” imbuh dia.

Karena itu, PDI Perjuangan harus memperjuangkan memenangkan pilgub Jatim 2013. Kita harus merebut pemerintahan ini  yang dikuasai Demokrat yang saat ini menciptakan ketimpangan social,” tegas dia.

Memang, dia mengaku, pembangunan di Jawa Timur sudah ada perubahan, tetapi tambal sulam sifatnya. Karena itu, perlu dilakukan perubahan yang mendasar.

“Bambang-Said jempol harus dimajukan dengan harapan melahirkan Jawa Timur baru yang lebih baik,” jelas dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BPKP Sedang Periksa Dana Otsus Papua

JAKARTA-Pemerintah telah meminta Badan Pengawas Keuangan Pembangunan (BPKP) untuk memeriksa

Ekspor Dilarang, Ini Prosedur Menangkap Benih Bening Lobster di Alam

JAKARTA-Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) resmi melarang ekspor Benih Bening