Skytrain Bandara Soetta, Menhub Targetkan Seluruh Terminal Tersambung Desember 2017

TANGERANG-Sarana Automated People Mover System (APMS) atau lebih dikenal dengan sebutan Skytrain di Bandara Soekarno-Hatta mulai beroperasi. Namun pengoperasian Skytrain ini masih terbatas, baru menghubungkan terminal 2 dan 3.

Kementerian Perhubungan berjanji pada Desember 2017, Skytrain akan terhubung ke seluruh terminal yang ada di Bandata Soekarno-Hatta. “Saya sampaikan pada bulan Desember 2017 nanti terminal 1 sampai terminal 3 akan terhubung dengan Skytrain dan Kereta Api Bandara dari Dukuh Atas. Jadi nanti kalau kita berhenti di stasiun utama bila akan ke terminal 2 dan 3 bisa tanpa menggunakan kendaraan,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam siaran persnya di Jakarta, Minggu (17/9/2017).

Peresmian pengoperasian tersebut dilakukan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Negara BUMN Rini Soemarno dan Dirut PT. Angkasa Pura II M. Awaluddin.

Baca :  Presiden Minta Menteri Buat Terobosan Permudah Investasi

Dalam sambutannya Menhub mengungkapkan kebanggaannya atas beroperasinya Skytrain Bandara Soekarno-Hatta apalagi pengoperasian perdana ini tepat pada Hari Perhubungan Nasional. “Hari ini Kementerian Perhubungan sangat berbahagia sekali, bertepatan dengan Hari Perhubungan Nasional yang merupakan hari bakti perhubungan, PT Angkasa Pura II memberikan kado yang luar biasa, membaktikan diri kepada masyarakat,” ujarnya.

Menurut Budi, Bandara Soekarno-Hatta adalah showcase Indonesia, oleh karenanya (suatu) keharusan menampilkan Soekarno-Hatta bukan hanya cantik tapi juga memiliki fungsi sama baiknya dengan bandara terkemuka.

Di saat yang bersamaan Menteri Negara BUMN Rini Soemarno juga merasa bangga dengan dengan beroperasinya Skytrain ini. “APMS atau Skytrain ini pertama kali di Indonesia,” katanya dalam sambutan itu.

Baca :  Setelah Tol Laut, Jokowi Akan Bangun Jalur Kereta Api

Oleh karena itu, lanjut Rini, Kementerian BUMN maupun perusahaan BUMN itu sendiri dalam mengerjakan Skytrain yaitu PT. AP II, PT. Len dan PT. Wijaya Karya terus bersinergi dalam pengerjaan Skytrain ini. “Jadi saya sangat bangga dalam 12 bulan mulai (proyek) APMS ini,” ucap Menteri Rini.

Sedangkan Direktur Utama PT. Angkasa Pura II M. Awaluddin mengatakan pada tahap 1 ini baru melayani terminal 2 dan terminal 3 dan nantinya pada Oktober 2017 nanti akan melayani kesuluruhan terminal penumpang yang ada di Bandara Soekarno-Hatta.
“Tahap 1 ini Skytrain baru beroperasi dari terminal 2 ke terminal 3 begitupun sebaliknya dengan waktu tempuh 5 menit, jam operasi Skytrain saat ini dibagi menjadi 3 kali yaitu mulai pukul 07.00-10.00 WIB, 13.00-14.00 WIB dan 17.00-19.00 WIB. Pada pengoperasian tahap 1 ini dilengkapi dengan 1 trainset yang terdiri dari 2 gerbong kereta yang mampu mengangkut 176 penumpang dalam satu kali perjalanan,” tambah Awaluddin. ***

Baca :  MDS Merek Pilihan Jawa Tengah